10 Tempat Wisata Hits di Jogja yang Wajib Untuk Dikunjungi

Beragam tempat wisata hits di Jogja selalu memiliki tempat di hati para traveler. Tidak hanya dari dalam negeri, traveler dari luar negeri juga banyak yang kepincut dengan keunikan destinasi Yogyakarta.

Sudah sejak lama Yogyakarta telah menjadi salah satu destinasi unggulan karena banyaknya pilihan wisata. Tidak hanya banyak, pilihan objeknya juga memiliki keunikan tersendiri, ditambah kebudayaan yang sangat kental.

Lokasinya sendiri sangat beragam, mulai dari area pantai eksotis hingga daerah pegunungan Merapi. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing dan sangat cocok dijadikan tempat melepas penat.

Belum lagi kelezatan kulinernya yang membuat siapa saja betah berlama-lama di sana. Jika Anda tertarik berlibur ke sana, jangan lupa menyiapkan rencana perjalanan terlebih dahulu supaya liburan makin berkesan.

Tempat Wisata Hits di Jogja, Ini Rekomendasinya

Yogyakarta memang sangat layak disebut sebagai gudangnya pariwisata Tanah Air. Provinsi satu ini selalu ramai wisatawan dari dalam hingga luar negeri setiap harinya karena memang kekayaan wisatanya.

Mulai dari objek alam sampai bersejarah semuanya tersedia banyak di Kota Pelajar. Saking banyaknya pilihan, orang-orang sampai bingung dalam memilihnya, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena bisa mempertimbangkan rekomendasi berikut.

1. Pantai Wediombo

Rekomendasi pertama tempat wisata hits di Jogja adalah Pantai Wediombo. Objek satu ini cocok bagi para pencinta pantai karena menawarkan keindahan birunya laut dengan deru angin berhembusan.

Lokasi pantainya masih termasuk daerah Gunungkidul, lebih tepatnya Desa Balong, Girisubo. Tidak hanya pantainya yang indah, tetapi juga ada pemandangan tebing serta cantiknya hamparan pasir berwarna putih.

Selain sebagai objek berwisata, Pantai Wediombo ternyata juga termasuk area konservasi perairan. Untuk menikmati keindahan tersebut, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp5.000 per kepala.

2. Merapi Park

Merapi Park merupakan salah satu tempat wisata hits di Jogja yang tengah digemari kalangan muda. Lokasinya termasuk Kabupaten Sleman dan dapat dijangkau sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Meskipun agak jauh dari pusat kota, tetapi banyak orang tertarik mengunjungi Merpati Park. Terlebih dari kalangan anak muda karena tempatnya memang cocok untuk berfoto ria.

Bagaimana tidak, Merpati Park memamerkan kemegahan berbagai landmark terkenal. Mulai dari Menara Pisa, Menara Eiffel, hingga Big Ben London dapat dijumpai serta menjadi background foto menarik.

3. Suraloka Zoo

Rekomendasi tempat wisata hits di Jogja selanjutnya adalah Suraloka Zoo. Sesuai dengan namanya, objek tersebut merupakan kebun binatang sehingga cocok untuk dikunjungi bersama buah hati.

Anda dapat mengajak si kecil berinteraksi dengan beragam jenis hewan sekaligus belajar mengenai hewan tersebut. Mulai dari merpati, kelinci, iguana, dan masih banyak lagi dipamerkan oleh Suraloka Zoo.

Selain berkeliling kebun binatang, anak-anak juga bisa ditantang untuk menjajal flying fox hingga wall climbing. Suraloka Zoo mematok harga bersahabat untuk tiketnya, yakni Rp30.000 saat weekdays dan Rp40.000 saat weekend.

4. Heha Sky View

Yogyakarta menawarkan destinasi berkonsep modern dengan pemandangan alam indah. Destinasi tersebut bernama Heha Sky View yang berada di Jalan Dlingo-Patuk nomor 2, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Heha Sky View sendiri menawarkan pemandangan balon udara layaknya milik Cappadocia. Konsep tempatnya sendiri memadukan antara panorama alam dengan modernitas dan disatukan dalam sebuah restoran.

Tidak hanya memamerkan konsep modern, Heha Sky View juga menyediakan beragam aktivitas dan hiburan menarik. Mulai dari live music sampai food stall bisa dinikmati bersama orang-orang terdekat.

5. Taman Pintar

Taman Pintar tidak kalah bersaing dengan tempat wisata hits di Jogja lainnya. Objek edukasi satu ini mengusung tema science park dengan menyajikan berbagai wahana belajar secara menyenangkan.

Tidak hanya itu, berbagai alat-alat peraga interaktif berteknologi canggih juga disediakan oleh Taman Pintar. Objek ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak karena menyentuh berbagai aspek sains, seperti fisika hingga astronomi.

Bahkan, para pengunjung juga berkesempatan menuangkan kreasinya dalam bentuk kerajinan gerabah dan batik. Harga tiket Taman Pintar sendiri bergantung wahananya, mulai dari Rp6.000 hingga Rp45.000.

6. Agrowisata Bhumi Merapi

Alternatif tempat wisata hits di Jogja selanjutnya adalah Agrowisata Bhumi Merapi. Lokasi destinasi satu ini sesuai dengan namanya, yakni berada pada kawasan lereng Gunung Merapi.

Agrowisata Bhumi Merapi dihadirkan guna menghibur sekaligus mengedukasi para pengunjung mengenai banyak hal. Khususnya berbagai edukasi terkait peternakan dan pekebunan pada lahan seluas 5,2 hektar.

Anda dapat mengikuti berbagai kegiatan edukatif di Agrowisata Bhumi Merapi. Seperti melihat pembuatan kopi luwak, pengolahan susu menjadi es krim dan yogurt, memerah susu kambing, hingga membeli hasil kebun hidroponik.

7. Candi Ratu Boko

Bagi pencinta objek bersejarah, Candi Ratu Boko bisa menjadi salah satu opsi menarik. NAMA candi satu ini mulai melejit ketika dijadikan sebagai salah satu lokasi “Ada Apa dengan Cinta 2”.

Seperti kebanyakan tempat bersejarah lainnya, Candi Ratu Boko memiliki berbagai versi terkait asal-usulnya. Sebagian orang mempercayai bahwa candi ini merupakan istana milik Roro Jonggrang bersama keluarganya.

Sebagian lainnya percaya bahwa peninggalan bersejarah ini merupakan bekas tempat peristirahatan Rakai Panangkaran. Kompleks candinya kurang lebih seluas 2,5 hektar dan hanya berjarak 3 km dari Candi Prambanan.

8. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin merupakan salah satu tempat wisata hits di Jogja yang recommended. Keindahan panorama air telaga berwarna biru kehijauan membuat siapa saja takjub saat melihatnya.

Sebenarnya, Telaga Biru Semin bukan merupakan telaga alami seperti lainnya. Telaga ini tercipta dari lubang besar bekas tempat galian tambang yang kemudian terisi air saat musim hujan tiba.

Walaupun demikian, keindahan airnya yang berwarna biru toska tidak kalah dibandingkan telaga alami lainnya. Jika ingin berkunjung ke sini, waktu paling tepat ialah pada saat memasuki musim penghujan.

9. Puncak Becici

Puncak Becici merupakan tempat wisata hits di Jogja yang mulai dikelola sejak awal tahun 2015. Berlokasi di Kabupaten Bantul, Puncak Becici menawarkan panorama matahari terbenam hingga kegiatan outbond.

Objek wisata satu ini berbentuk hutan pinus sehingga menjadikan pemandangannya sangat Instagramable. Oleh sebab itu, jangan sampai lupa menyiapkan kamera terbaik supaya menghasilkan foto-foto terbaik.

Para pengunjung hanya perlu membayar Rp2.000 saja untuk memasuki kawasan Puncak Becici. Akan tetapi, biaya tersebut masih belum termasuk biaya untuk berfoto, outbond, maupun sewa hammock.

10. Pantai Siung

Rekomendasi tempat wisata hits di Jogja terakhir adalah Pantai Siung yang berada di Gunungkidul. Lokasinya sekitar 77 km dari pusat kota sehingga setidaknya Anda perlu menempuh perjalanan selama dua jam.

Keindahan dari Pantai Siung terlihat dari keberadaan batu karang raksasa yang dapat menjadi background cantik untuk berfoto. Walaupun pasirnya tidak putih seperti pantai-pantai Bali, tetapi memiliki keistimewaannya tersendiri.

Nama Siung sendiri menurut warga sekitar bermula dari bentuk pantainya yang menyerupai Siung Wanara atau gigi kera. Para pengunjung biasanya melakukan aktivitas panjat tebing atau sekadar berkemah di pinggir pantai.

Yogyakarta memang tidak pernah kehabisan spot-spot terbaik untuk dikunjungi para wisatawan. Termasuk rekomendasi 10 tempat wisata hits di Jogja yang menawarkan keindahan dan keunikan masing-masing.