Tips Menghindari Antri Panjang di Rumah Sakit - Info Bandar Lampung

Tips Menghindari Antri Panjang di Rumah Sakit

Menurut peraturan yang telah dikeluarkan oleh Kemenkes, standar waktu tunggu untuk pasien rawat jalan adalah kurang dari 60 menit. Hal tersebut dimulai dari pendaftaran sampai pelayanan yang dilakukan oleh dokter. Sayangnya, hal ini cukup berbeda dengan fakta yang terjadi di lapangan, dimana pasien biasanya menunggu lebih dari 60 menit.

Tips Menghindari Antri Panjang di Rumah Sakit


Oleh sebab itu, Halodoc sebagai perusahaan startup di bidang kesehatan, menciptakan sebuah inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satu layanan yang dimaksud, yakni "Buat Janji Dokter Online".

Layanan ini memungkinkan pasien untuk bisa membuat janji temu bersama dokter pilihannya secara online melalui aplikasi Halodoc. Selain pertemuan dengan dokter, ada juga pencarian rumah sakit terdekat yang dapat diakses menggunakan aplikasi tersebut.

 

Cara Membuat Janji Dokter secara Online

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum membuat pertemuan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, diantaranya adalah:

halodoc
   

1. Mendownload aplikasi Halodoc

Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan aplikasi Halodoc yang tersedia di Google Play atau Apple Apps Store. Aplikasi Halodoc ini gratis, sehingga pemilik ponsel android cukup membutuhkan koneksi internet saja untuk mendownload aplikasi tersebut. Setelah selesai, pastikan aplikasi beroperasi dengan baik. Lalu, pilih menu login untuk memulai menggunakan aplikasi.

 

2. Melakukan registrasi online

Setelah memiliki akun dan menyelesaikan login aplikasi, terlihat beberapa menu pilihan lainnya seperti kesehatan, obat dan vitamin, tanya dokter, rumah sakit, serta cari dokter. Tahapan berikutnya untuk membuat janji temu online bersama dokter pilihan. Caranya dengan pilih menu “Rumah Sakit”. Selanjutnya, muncul tampilan seperti Google Maps dan pilihan layanan antar obat pada bagian atas pencarian alamat rumah sakit.

 

3. Memilih lokasi rumah sakit yang dituju

Lokasi rumah sakit dapat segera diketahui setelah mengetikkan nama rumah sakit yang akan dituju. Tidak hanya tampak di layar aplikasi, ada juga pilihan nomor telepon dan petunjuk lokasi ke rumah sakit. Sehingga, pasien dapat memilih salah satu atau keduanya sebelum melakukan keberangkatan menuju lokasi rumah sakit tersebut.

Dianjurkan untuk memilih menu petunjuk lokasi, sehingga akan mendapatkan arahan mulai dari titik lokasi pasien berada. Namun, petunjuk baru bisa beroperasi setelah menu lokasi atau GPS dalam android diaktifkan.

 

4. Mencari nama dokter

Setelah mengetahui lokasi yang tepat untuk menuju rumah sakit yang dimaksud, kemudian lakukan pencarian nama dokter. Ketahui terlebih dahulu spesialisasi dokter yang akan dibuat janji temu, sudah tergabung ke dalam aplikasi.

Setelah menemukan nama dokter yang dicari, segera lihat profil dokter tersebut untuk lebih memastikan bahwa nama dan informasi singkat yang tercantum sesuai dengan pengobatan dari jenis penyakit pada pasien.

 

5. Menetapkan tanggal janji temu dokter

Setelah menyelesaikan beberapa tahapan sebelumnya, pilih tanggal janji temu online yang sesuai dengan jadwal pasien maupun dokter. Akan lebih mudah lagi, jika sebelumnya pernah melakukan konsultasi langsung sebelum memulai mendaftarkan diri melalui aplikasi Halodoc.

Hal ini dikarenakan dokter telah menyarankan kepada pasien sebelumnya untuk mulai melakukan kunjungan atau rawat jalan pada tanggal tertentu. Selanjutnya, pasien cukup memilih tanggal yang diberikan oleh dokter untuk mendapatkan nomor antrian saat langsung datang ke rumah sakit.

Dengan adanya aplikasi Halodoc, diharapkan masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan pelayanan janji temu atau layanan lainnya. Sehingga, antrean panjang dalam rumah sakit semakin berkurang dan waktu tunggu berjalan sesuai dengan peraturan yang telah diberikan oleh Kemenkes. Selain itu, pasien gawat darurat dapat mendapatkan perawatan lebih cepat di rumah sakit terdekat .

Tampilkan Komentar