30 Rekomendasi Destinasi Wisata Di Kota Bandar Lampung

INFOBDL.COM – Kota Bandar Lampung merupakan ibukota dari Provinsi Lampung. Kota yang memiliki slogan sebagai Kota Tapis Berseri (Tertib, Aman, Patuh, Iman, Sejahtera, dan bersih, sehat , Rapih dan Indah) ini juga merupakan kota terbesar dan terpadat kedua di Pulau Sumatra setelah Medan. Dengan posisinya yang berada di Gerbang Pulau Sumatera, Kota Bandar Lampung memiliki keunggulan secara geografis, dimana setiap orang yang akan melintas menuju Pulau Sumatera akan melewati kota tersebut.

Memanfaatkan keunggulan tersebut, infobdl.com menghitung sedikitnya ada sekitar 30 lebih destinasi wisata yang disuguhkan oleh Kota Bandar Lampung untuk menarik minat wisatawan. Mulai dari pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, pusat rekreasi, wisata sejarah dan budaya, wisata kuliner, hingga wisata alam yang indah. Kalian penasaran? berikut adalah 30 Destinasi Wisata Kota Bandar Lampung yang telah dirangkum oleh tim infobdl.com

1.  Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah hijau berada di pusat Kota Bandar Lampung, yakni  di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung, diatas kawasan lembah seluas 30Ha. Selain lokasinya yang strategis, Lembah Hijau memiliki hampir semua wahana wisata baik untuk keluarga maupun untuk kelompok berskala besar seperti anak sekolah maupun karyawan kantor. Fasilitasnyapun lengkap, mulai dari cottage, camping ground, outbond, waterboom, taman satwa, pertunjukan hewan, sampai restaurant, semua tersedia dengan pelayanan yang sangat baik.

Tiket Masuk Lembah Hijau :

  • Tiket Masuk : Rp. 15.000,-
  • Tiket Waterboom Rp. 25.000,- / Orang
  • Tiket Taman Satwa Rp. 35.000,- / Orang
  • Paint Ball Rp. 200.000,- / Orang
  • Camping Ground Rp. 175.000,- / Orang
  • Paket Meeting / Half Day : Rp. 120.000,- / Orang
  • Paket Meeting / Full Day : Rp. 140.000,- / Orang
  • Out Bound : Rp. 140.000,- & Rp. 200.000 / Orang

Untuk Pelajar dan Rombongan ada harga khusus, Paket dapat diambil dengan reservasi terlebih dahulu maksimal H-3, dengan syarat rombongan minimal 30 orang. Telp : (0721) 805 0000

2. Lampung Walk

Lampung Walk menggabungkan berbagai fasilitas seperti Waterpark, Sport Center dan Kuliner. Waterpark mimiliki 4 kolam renang, yakni kolam waterboom, kolam arus, kolam anak dan kolam dewasa. Kedalaman kolam renang bervariasi dengan range 40 cm – 170 cm. Untuk fasilitas Kuliner, Lampung Walk memiliki sekitar 30 Kios kuliner dan restourant. Tempat Makan Outdoor dan Indoor dengan makanan Tradisional, Peranakan, Thailand, Asia, Barat dan banyak lagi. di bagian Sport Center, Lampung Walk menyediakan 3 Lapangan Futsal termasuk 1 Lapangan Basket dan 4 Lapangan Badminton, dengan ukuran dan lantai Standar Internasional lengkap dengan Tribun. Adapun tempat Senam memiliki kelas Aerobic, Zumba, Belly Dance, Yoga, Capoeira, dll. Lampung Walk juga memiliki Studio Foto 3D khusus kamu pecinta foto, kemudian ada juga Aula yang dapat digunakan untuk meeting, ulang tahun dan beragam pesta dengan kapasitas 200 orang.

Tiket Masuk Lampung Walk :

  • Waterpark weekday : Rp.30.000,-/Orang – Weekend : Rp. 40.000,-/Orang
  • Studio 3D weekday : Rp.45.000,-/Orang – Weekend : Rp. 50.000,-/Orang

Yang menarik adalah Lampung Walk memberikan Promo Gratis bagi yang sedang berulang tahun dan untuk balita serta lansia. Lampung Walk berada di Jl. Urip Sumoharjo No.61, Surabaya, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung. Tlp : 0852-5105-7165

3. Maknoni Village

Maknoni Village adalah destinasi wisata dengan konsep villa dan warung makan. Saat datang ke Maknoni Villa kita akan berasa seperti pulang ke desa. Berbagai menu makanan dan minuman ala desa disajikan dengan pelayanan yang sangat baik dan ramah. Kamar cottage juga disediakan untuk traveler yang ingin bermalam. Duduk-duduk di kursi kayu di tengah rimbunnya pepohonan dan beberapa petak sawah, membuat pengunjung lupa bahwa Maknoni Village berada di tengah kota Bandar Lampung. Maknoni Village berada di sekitaran Gn. Terang, Langkapura, Kota Bandar Lampung. WA : 081367346491 (no call)

4. Lengkung Langit

Lengkung langit merupakan taman wisata keluarga yang memadukan wisata alam dan spot foto instagramable. Nuansa Cafe yang dilengkapi dengan berbagai wahana dan spot swafoto yang memberikan sensasi berbeda. Dengan lokasi yang berada di ketinggian sekitar 300m dari permukan laut, Lengkung Langit memiliki view perkotaan dengan suasana yang tenang. Selain itu ada juga berbagai kuliner nusantara yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Lengkung Langit berlokasi di Pinang Jaya, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung.

Tiket Masuk Lengkung Langit
Harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk weekdays dan Rp 10.000 weekends

Untuk memudahkan transaksi, para pengunjung bisa menggunakan sistem pembayaran cashless. Yakni dengan menggunakan Kartu Lengkung Langit, dan berbagai layanan dompet digital seperti GoPay, OVO, Link Aja, dll.

5. Bukit Sakura

Bukit Sakura adalah salah satu destinasi wisata dengan konsep khas Jepang. Kini, warga Bandar Lampung tak perlu ke Jepang untuk menikmati bunga Sakura. Di Kemiling, Bandar Lampung, ada tempat wisata dengan konsep wisata ala Jepang. Nuansa khas Jepang bahkan sudah terasa sejak pengunjung melihat gapura yang menjadi akses masuk. Berbagai ornamen, semisal rumah tradisional Jepang dan berbagai ornamen semisal bendera, lampion, dan lain sebagainya yang tampak memperindah suasana. Di tempat wisata itu, pengunjung juga bisa menyewa baju kimono. dan berfoto dengan baju tradisional khas jepang tersebut. Bukit Sakura terletak di Jl. Melati Raya, Langkapura, Kota Bandar Lampung. Telp. 0813-4908-0755, 0813-8598-5356.

Tiket Masuk Bukit Sakura

  • Senin – Minggu : Rp10.000
  • Sewa Kostum Jepang : Rp25.000
  • Sewa Kostum Korea : Rp35.000
  • Sewa Kostum Belanda : Rp40.000

6. Lamban Batik

Lamban Batik merupakan pusat perajin pelaku UMKM di Lampung yang menampilkan dan menjual berbagai macam jenis kerajinan khas Lampung. Lamban Batik digagas oleh Dewan Kerajinan Nasional daerah Lampung dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia. Dengan adanya Lamban Batik, diharapkan dapat membuat dunia fasion di Lampung menjadi lebih dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat. Lamban Batik Berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan 12-10, Pahoman, Kec. Tlk. Betung Utara,. Telp : 0821-2869-8866

7. Camp 91 Kedaung

Camp 91 Kedaung merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berlokasi di pusat kota Bandar Lampung, tepatnya di Desa Kedaung, Kecamatan Kemiling. Berbagai wisata alam seperti outbond, fyling fox, tracking dengan motor ATV, dan lain sebagainya, disajikan dengan keindahan alam perbukitan yang hijau dan asri. Selain wahana alam, Camp 91 juga memiliki fasilitas cottage dan villa yang dilegkapi dengan kolam renang dan mushala. Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan dapat mengarahkan kendaraan menuju Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.

Tiket Masuk Camp 91 Kedaung

  • Tiket Masuk : Rp. 10.000/orang
  • Parkir : Rp. 5000/motor – Rp. 7000/mobil
  • Cottage : Rp. 360.000/malam
  • Villa : Rp. 1juta/malam

8. Rumah Makan Alas Cobek

Selain Wisata Alam, Bandar Lampung juga terkenal dengan wisata kulinernya, berbagai aneka ragam kuliner menggoda selera bisa dijumpai di Kota ini. Mulai dari cemilan kekinian, masakan modern, masakan khas lampung hingga masakan nusantara yang kaya akan rasa.

Rumah makan yang akan kita ulas kali ini bernama Rumah Makan Alas Cobek. Rumah makan yang cocok banget untuk makan bersama keluarga ini memiliki konsep taman. Bebek dan Puyuh Goreng adalah menu andalannya. Selain tentu juga menyediakan Ayam Kampung, Ayam Negeri, Ikan, dan berbagai pilihan menu lauk pauk serta aneka sambal.

Selain rasanya yang enak, tenang saja harganya juga tidak sampai membuat kantong kering, mulai dari Lima ribu rupiah hingga 40 ribu saja, ada juga berbagai paket ekonomis untuk dinikmati bersama teman-teman.

Setelah hampir 9 tahun berjalan, saat ini RM Alas Cobek telah memiliki dua cabang yakni di Kota Bandarlampung dan Kota Pangkalpinang.

RM Alas Cobek Bandar Lampung :
Jl wolter Monginsidi no 66 Pengajaran Kota Bandar lampung
Contact : 08117906090
IG : alascobek

RM Alas Cobek Bangka Belitung :
Jalan Kampung Melayu no. 1 Bukit Merapin, Kota Pangkal Pinang
Contact: 08116678883
IG : alascobek_pg

9. Els Coffee

Els Coffee adalah salah satu kedai kopi yang terbilang sukses memasarkan kopi lampung, baik kepada masyarakat lampung iu sendiri maupun kepada wisatawan. Kedai Els Coffee dapat ditemui hampir di semua pusat perbelanjaan dan lokasi strategis di Provinsi Lampung, dari mulai pusat kota, Mall, hingga Bandar udara. Keahliannya memasarkan sekaligus meracik produk kopi lampung dengan berbagai varian, menjadikan els coffee salah satu kedai kopi dan resto yang paling banyak dikunjungi di Lampung. Tidak hanya kopi siap saji yang dapat langsung dikonsumsi oleh pengunjung, els coffee juga menyajikan biji kopi kemasan yang siap dijadikan buah tangan untuk diseduh secara mandiri dirumah. Els Coffee Jl. MS Batubara No.134A, Teluk Betung, Bandar Lampung.

10. Lampung Banana Foster

Lampung Banana Foster adalah salah satu jenis Retail Khusus (Speciality Store) yang fokus menggarap oleh-oleh Khas Lampung. Prodak yang disajikan diantaranya adalah berbagai macam Cake olahan pisang Khas lampung, selain itu ada juga Berbagai macam Prodak UMKM Lampung seperti olahan Kopi Khas Lampung dan lain sebagainya. informasi lebih lengkap silahkan baca artikel : Lampung Banana Foster Oleh-oleh Khas Lampung

11. Pusat Oleh-oleh Teluk Betung (Yen-Yen)

Salah satu pusat toko Oleh-oleh di Bandar Lampung ada di kawasan pertokoan Kecamatan Teluk Betung. Dikawasan ini terdapat banyak toko yang menjajakan oleh-oleh makanan khas Lampung, seperti keripik pisang aneka rasa, kopi, kerupuk ikan, sambal, aneka manisan dan lain sebagainya. Yen-yen, salah satu toko oleh-oleh khas lampung yang melegenda juga ada dideretan kawasan tersebut. yen-yen saay ini tokonya berganti nama menjadi Toko Aneka Sari Rasa, meskipun toko lamanya masih berdiri diseberangnya. Bagi anda yang tertarik membeli aneka kudapan tersebut bisa langsung  menghampiri pusat oleh-oleh yang berada di Jalan Ikan Kakap, Pesawahan, Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

12. Pasar Seni

Pasar Kreatif dan Seni Lampung yang terletak di kawasan PKOR Way Halim merupakan pusat seni budaya serta cinderamata tradisional khas Lampung. Di tempat inilah seyogyanya para seniman lampung dapat mengaktualisasikan karya-karyanya, namun demikian semenjak didirikannya pada tahun 2019, tempat ini seperti belum memiliki geliatnya. Adapun yang ramai dan menjadi bahan pembicaraan bagai warga Bandar Lampung adalah bentuk-bentuk bangunannya yang unik dan sangat instagramable, sehingga banyak anak muda dan kalangan milenial yang berkunjung sekedar untuk berfoto. Pasar Seni terletak di kawasan Stadioan Sumpah Pemuda atau PKOR Way Halim, bandar Lampung. Tiket Masuk : Gratis.

13. Bukit Aslan

Bukit Aslan merupakan destinasi wisata alam baru yang menawarkan panorama alam yang indah, mulai dari hamparan laut, perkebunan jati, hingga pemandangan kota Bandar Lampung.
Dari tempat ini kita dapat melihat keindahan pemandangan kota Bandar Lampung, Teluk Lampung, hingga Gunung Betung. Di area utama, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Bandar Lampung dari ketinggian. Pada sore hari, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang indah.
Di area camping, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang lebih asri. Di sini, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan camping dan berkemah. ATV Forest Adventure adalah salah satu wahana baru yang tersedia di Bukit Aslan. Wahana ini menawarkan pengalaman berkeliling kebun jati dengan menggunakan ATV.

Bukit Aslan adalah destinasi wisata alam yang menarik dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman. Dengan keindahan alamnya, Bukit Aslan menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat dan menikmati liburan.

Fasilitas Bukit Aslan

Bukit Aslan memiliki berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung, antara lain:
  • Spot foto: Bukit Aslan memiliki banyak spot foto yang instagramable, seperti benteng, taman bunga, dan jembatan kayu.
  • Area camping: Bukit Aslan memiliki area camping yang luas dan nyaman.
  • ATV Forest Adventure: Pengunjung bisa mencoba ATV Forest Adventure untuk berkeliling kebun jati di Bukit Aslan.
  • Kantin/Cafe: Bukit Aslan memiliki kantin yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.
  • Toilet: Bukit Aslan memiliki toilet yang bersih dan nyaman.

Alamat dan Jam Buka Bukit Aslan

Bukit Aslan terletak di Jl. Bukit Aslan No.2, Way Gubak, Sukabumi, Kota Bandar Lampung. Bukit Aslan buka setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 14.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Bukit Aslan

Harga tiket masuk Bukit Aslan adalah sebagai berikut:
Hari kerja (weekday): Rp 25.000 (e-payment) dan Rp 35.000 (tunai)

Hari libur (weekend): Rp 35.000 (e-payment) dan Rp 45.000 (tunai)

14. Lembah Durian Farm and Stable

Lembah Durian Farm and Stable merupakan perpaduan perkebunan durian dan arena berkuda. Dilokasi ini pada bulan januari – februari pengunjung bisa menikmati buah durian yang dipanen dari lahan seluas 15 hektare. Selain makan buah durian, ditempat ini pengujung bisa merasakan sensasi menunggang kuda hinggak kursus berkuda. Ada total 11 kuda yang disiapkan untuk para pengunjung, mulai dari kuda poni, kuda dewasa hingga kuda import. Namun tidak hanya makan buah duruan dan berkuda saja yang bisa dilakukan pengunjung dilokasi ini. Disini juga Ada arena motor ATV, Memanah, hingga sensasi merasakan kulineran di sepanjang alur sungai. Tempat wisata yang juga sering dijadikan spot foto prewed ini berada di Kedaung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.

Tiket Masuk Lembah Durian Farm and Stable

  • Tiket Masuk Rp. 5000/orang
  • Tarif Berkuda, Kuda Poni : Rp.15.000/orang, Kuda sedang Rp.20.000/orang, Kuda impor Rp.25.000/orang
  • Kursus Berkuda Rp.100.000 sekali pertemuan
  • Memanah Rp.15.000/orang
  • Motor ATV Rp.50.000/30 menit

15. Vihara Thay Hin Bio

Vihara Thai Hin Bio merupakan tempat ibadah umat Buddha Theravada terbesar yang ada di Bandar Lampung. Selain sebagai tempat ibadah, Vihara ini merupakan saksi sejarah perkembangan etnis china di Lampung. Vihara Thay Hin Bio dibuat pada tahun 1850. Vihara yang sampai sekarang masih tetap berdiri tegak itu bukan hanya simbol biasa, melainkan dapat menceritakan peristiwa masa lalu. Berdirinya vihara merupakan salah satu tanda titik kemajuan perkembangan peradaban etnis China di Lampung. Stabilitas ekonomi, keamanan yang terjamin, pola hubungan sosial yang harmonis dan dinamis, baik sesama etnis China maupun dengan masyarakat etnis lainnya di Lampung (wikipedia). Vihara Thay Hin Bio berlokasi di Jalan Ikan kakap No.35 Pesawahan, Teluk Betung Selatan, berseberangan dengan pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Lampung.

16. Taman Kupu-kupu Gita Persada.

Taman Kupu-kupu Gita Persada merupakan tempat wisata yang berada di Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung Taman ini memiliki koleksi lebih dari 100 spesies kupu-kupu di Sumatra. Selain, kupul-kupu yang hidup bebas, taman ini juga memiliki 140-an koleksi yang sudah diawetkan semenjak 1997. Dilokasi penangkaran kupu-kupu ini selain bisa mengetahui berbagai jenis kupu-kuup kita juga dapat mengamati perkembangan metamorfosis kupu-kupu mulai dari telur, ulat, kepompong, dan akhirnya menjadi kupu-kupu yang cantik dengan beraneka warna.

17. Bumi Kedaton Waterpark

Berikutnya adalah Bumi Kedaton Waterpark, uniknya di waterpark ini adalah Anda dapat bermain di air sambil melihat pemandangan pegunungan yang sangat indah. Berjarak hanya 8 kilometer dari pusat Kota Bandar Lampung, tepatnya di Jl Wan Abdurrahman, Tanjungkarang Barat. Selain memiliki kolam bermain dengan berbagai permainan Bumi Kedaton Waterpark juga memiliki waterboom yang menjadi favorit setiap pengunjung. Kemudian yang membuat Bumi Kedaton Waterpark lebih istimewa adalah, disini juga terdapat berbagai wahana hiburan lainnya, misalnya atraksi gajah, area outbound, flying fox, ATV, kano dan lain sebagainya.

Tiket Masuk Bumi Kedaton Waterpark

  • Tiket masuk  waterpark Rp.10.000/orang
  • Tiket terusan waterboom Rp.25.000/orang

18. Villa Dangau Kedaung

Villa Dangau Kedaung adalah sebuah villa dipinggiran Kota Bandar Lampung. Kontur perbukitan Bandar Lampung yang masih terbilang hijau dan asri berpadu dengan hamparan kota dan laut dikejauhan menjadi pemandangan yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung di Villa ini. Bukan hanya pemandangannya yang manrik, konsep kontemporer yang disusun sedemikian rupa menjadikan berbagai sudut villa ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Mulai dari bangunan utama yang bergaya eropa dilengkapi dengan kincir angin dibagian belakang, cerobong asap, hingga berbagai ornamen kontemporer seperti mesin ketik manual, televisi, sepeda ontel, lemari kayu, buku-buku tua, hingga kursi kayu yang berpadu dengan anyaman rotan yang unik. Villa yang dibangun pada tahun 2017 ini berlokasi di Jalan Terusan Ragom Gawi III, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.

Harga Sewa Villa Dangau Kedaung

Villa Dangau Kedaung menggunakan sistem penyewaan secara private. Artinya dalam satu hari hanya bisa di-booking atas nama satu tamu, sehingga privasi tamu tetap terjaga. Untuk menyewa vila ini selama satu hari satu malam (pukul 14.00-12.00 WIB), dikenai harga Rp 1 juta, untuk kuota 10 orang. Jika melebihi kuota akan dikenai biaya Rp 10.000/orang.

19. Pusat Oleh-Oleh Gang Pu

Melimpahnya komoditi pisang di Lampung telah menjadikan keripik pisang sebagai salah satu cemilan khas Lampung yang digemari untuk dijadikan oleh-oleh. Keripik Pisang dioleh sedemikian rupa sehingga menciptakan cemilan aneka rasa dan bentuk.

Pusat oleh-oleh Gang PU yang terletak di sepanjanng jalan Pagar Alam Bandar Lampung, sepanjang jalan tersebut telah dijadikan sebagai Kampung UKM Digital Sentra Keripik di Bandar Lampung oleh Pemerintah Kota. Bahkan beberapa UKM di dalamnya merupakan UKM binaan dari beberapa perusahaan swasta dan BUMN.

Salah satu produsen terkemuka di gang PU ini adalah Askha Jaya, dimana UKM ini menawarkan berbagai produk olahan pisang seperti Keripik pisang aneka rasa, Pie Pisang, Sale pisang, Keripik Singkong, Kemplang, dan aneka kopi khas Lampung.

20. Wira Garden

Wira Garden adalah salah satu tempat wisata yang berada di pinggiran Kota Bandar Lampung. Letaknya yang sangat dengan pusat kota menjadikannya tempat yang tepat sebagai short getaway alias liburan singkat di akhir pekan untuk melepas penat setelah bekerja.

Wira garden menyuguhkan liburan konsep alam terbuka dengan camping ground dengan aliran sungai yang jernih dari mata air alami yang tidak pernah surut. Objek wisata yang memiliki luas lahan 12 Ha ini juga menyediakan ruang terbuka hijau dengan berbagai spot foto hingga cottage estetik dengan consep Glamping yang kekinian.

Harga Tiket Masuk Wira Garden

Untuk menikmati objek wisata Wira garden anda tidak perlu merogoh kocek hingga dalam, cukup dengan Rp.15,000/orang anda sudah mendapatkan fasilitas Gratis pondokan, toilet, area wisata, tiket kendaraan, sedangkan untuk bayi dan balita, tidak dikenakan tiket masuk, kecuali untuk anak berusia maksimal 10 tahun dikenakan potongan 50% dari harga tiket normal.

Adapun untuk failitas lainnya sperti Tenda piknik dan Glamping akan dikenakan biaya tambahan, yakni Rp400.000 untuk Tenda Piknik dan Rp600.000 untuk fasilitas Glamping dengan kapasitas 1-6 Orang

Alamat Wira Garden

Objek wisata Wira Garden beralamat di Jl. Wan Aburrahman, Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

Jam Buka Wira Garden

Pengunjung dapat menikmati keindahan Wira Garden mulai dari pukul 09.00 pagi hingga sore pukul 17.00 di saat Weekday, Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

21. Bukit Sindy Teropong Kota

Objek wisata yang satu ini memenyuguhkan panorama kota dari ketinggian sebagai daya tariknya. Bukit Sindy merupakan lereng bukit yang ditata sedemikian rupa sehingga menjadi lokasi yang sangat manarik yang nyaman untuk bersantai menikmati kopi dan berbagai kuliner sekaligus menyaksikan situasi Kota Bandar Lampung.

Teropong Kota Bukit Sindy terletak di Jalan Tamin, Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung. Lokasinya cukup strategis, hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota.

Untuk dapat masuk ke objek wisata ini pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000/ orang dan parkir untuk motor atau mobil sebesar Rp5000.

Selain pemandangan kota, Teropong Kota Bukit Sindy juga memiliki beberapa fasilitas lain, seperti Dek observasi, Area parkir, Toilet, Mushola, Warung makan, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Teropong Kota Bukit Sindy:

  1. Datanglah pada sore hari atau malam hari untuk menikmati pemandangan kota yang lebih indah.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman karena jalan menuju ke atas bukit cukup curam.
  3. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di Teropong Kota Bukit Sindy.

Jika Anda sedang mencari tempat wisata yang menawarkan pemandangan kota yang indah, Teropong Kota Bukit Sindy adalah pilihan yang tepat. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan.

22. Air Terjun Batu Putu

Air terjun ini terletak di Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Air Terjun Batu Putu memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan lebar sekitar 10 meter. Air terjun ini mengalir dari tebing yang dipenuhi oleh bebatuan besar. Airnya jernih dan segar, cocok untuk mandi atau sekadar bermain air.

Di sekitar air terjun terdapat pepohonan yang rindang, sehingga suasananya sangat sejuk dan asri. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah, seperti bukit-bukit dan hutan yang hijau.

Harga tiket masuk Air Terjun Batu Putu adalah Rp10.000 per orang. Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Berikut adalah tips untuk berkunjung ke Air Terjun Batu Putu:

  1. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan kaki.
  2. Bawalah air minum yang cukup.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan.
  4. Berhati-hatilah saat bermain air di air terjun.

Saya sangat merekomendasikan Air Terjun Batu Putu untuk dikunjungi bagi Anda yang sedang berlibur di Kota Bandar Lampung. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan suasana yang sangat sejuk.

23. Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman

Penangkaran ini terletak di Jalan Wan Abdurrahman Wan Abdul Rachman Forest Park, Pesawaran, Lampung. Penangkaran Rusa Tahura merupakan salah satu penangkaran rusa terbesar di Indonesia. Di sini, terdapat sekitar 200 ekor rusa yang terdiri dari berbagai jenis, seperti rusa sambar, rusa totol, dan rusa tutul. Rusa-rusa tersebut dipelihara dalam kandang-kandang yang luas dan dijaga oleh petugas yang profesional.

Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan rusa-rusa tersebut. Kita bisa memberi makan rusa dengan wortel atau rumput yang disediakan oleh petugas. Kita juga bisa berfoto dengan rusa-rusa tersebut, asalkan tidak mengganggu mereka.

Selain melihat dan berinteraksi dengan rusa, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar penangkaran. Di sini, terdapat hutan hujan tropis yang lebat dan asri. Udaranya juga sangat segar dan sejuk.

Harga tiket masuk ke Penangkaran Rusa Tahura sebesar Rp10.000 per orang. Penangkaran ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Penangkaran Rusa Tahura:

  1. Pastikan untuk memakai pakaian yang nyaman dan tertutup, terutama jika Anda ingin berinteraksi dengan rusa.
  2. Bawalah makanan dan minuman untuk Anda sendiri dan untuk rusa.
  3. Hindari mengganggu rusa, baik dengan suara maupun dengan tindakan.

24. Puncak Mas

Puncak Mas, salah satu destinasi wisata favorit di Kota Bandar Lampung. Puncak Mas terletak di Kelurahan Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, dan berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut.

Puncak Mas merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah Kota Bandar Lampung dari ketinggian. Dari sini, kita bisa melihat dengan jelas seluruh penjuru kota, mulai dari gedung-gedung pencakar langit, pelabuhan, hingga Gunung Betung yang menjulang tinggi.

Selain pemandangannya yang indah, Puncak Mas juga memiliki banyak spot foto yang instagramable. Di sini, kita bisa berfoto dengan latar belakang kota, gunung, atau berbagai instalasi foto yang unik.

Untuk menikmati keindahan dan fasilitas Puncak Mas, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Harga tiket ini berlaku sama baik hari biasa maupun akhir pekan serta anak dan dewasa. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di Puncak Mas:

  1. Menikmati pemandangan indah Kota Bandar Lampung dari ketinggian
  2. Berfoto di berbagai spot foto instagramable
  3. Bersantai di gazebo atau saung
  4. Mengunjungi rumah kaca
  5. Bermain di wahana permainan anak
  6. Makan di restoran atau cafe

Puncak Mas merupakan tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari keluarga, anak-anak, hingga pasangan. Dengan harga tiket yang terjangkau dan berbagai fasilitas yang tersedia, Puncak Mas menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Bandar Lampung.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengunjungi Puncak Mas:

  1. Datanglah di pagi hari atau sore hari untuk menghindari keramaian
  2. Pakailah pakaian yang nyaman dan tidak mudah kotor
  3. Bawalah topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari
  4. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi Puncak Mas.

25. Museum Lampung

Museum Lampung merupakan salah satu museum terbesar di Provinsi Lampung. Museum ini terletak di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No. 64, Gedong Meneng, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung. Museum ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan memiliki koleksi lebih dari 20.000 benda, mulai dari benda-benda prasejarah, benda-benda budaya, hingga benda-benda sejarah.

Museum Negeri Lampung atau yang lebih dikenal dengan nama Museum Lampung ini merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Bandar Lampung. Museum Lampung memiliki fungsi sebagai sarana pendidikan, penelitian dan rekreasi. Museum yang terletak di Jln. Zainal Arifin Pagar Alam No. 64, Rajabasa, Bandar Lampung ini mulai dibangun pada tahun 1978 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Fuad Hasan pada tanggal 24 September 1988.

Museum Lampung menyimpan sekitar 4.735 buah benda koleksi. Benda-benda koleksi ini terbagi menjadi 10 jenis, yaitu koleksi geologika, biologika, etnografika, historika, numismatika/heraldika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknografika. Koleksi terbanyak adalah etnografika yang mencapai 2.079. Koleksi etnografika ini mencakup berbagai benda buatan manusia yang proses pembuatan dan pemakaiannya menjadi ciri khas dari kebudayaan masyarakat Lampung.

Di dalam museum, kalian bisa melihat berbagai koleksi menarik, seperti:

  1. Koleksi prasejarah, seperti fosil gajah purba, alat-alat batu, dan keramik kuno.
  2. Koleksi budaya, seperti pakaian adat, alat musik, dan perkakas rumah tangga.
  3. Koleksi sejarah, seperti senjata, dokumen, dan foto-foto.
  4. Selain itu, museum ini juga memiliki beberapa replika rumah adat Lampung, seperti rumah panggung dan rumah balai.

Harga tiket masuk Museum Lampung adalah Rp5.000 untuk dewasa, Rp3.000 untuk anak-anak, dan Rp2.000 untuk pelajar. Museum ini buka setiap hari Selasa-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB, Sabtu-Minggu pukul 08.00-14.00 WIB, dan Senin serta hari libur nasional tutup.

Museum Lampung adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi jika kalian sedang berlibur ke Lampung. Museum ini sangat cocok untuk kalian yang ingin belajar tentang sejarah dan budaya Lampung.

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Museum Lampung:

  1. Datanglah pada hari kerja untuk menghindari keramaian.
  2. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk berjalan-jalan di dalam museum.
  3. Bawalah kamera untuk mengabadikan momen-momen di museum.

26. Masjid Al-Anwar

Salah satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi di Kota Bandar Lampung adalah Masjid Jami Al-Anwar. Masjid ini terletak di Jalan Malahayati, Kelurahan Kangkung, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

Masjid Al-Anwar merupakan masjid tertua di Lampung, dibangun pada tahun 1839 oleh seorang ulama dari Kesultanan Bone, Sulawesi Selatan, bernama Puang Haji Muhammad Soleh bin Karaeng. Pada awalnya, masjid ini berbentuk surau yang digunakan untuk beribadah dan berkumpulnya para ulama dan masyarakat.

Masjid Al-Anwar memiliki arsitektur yang unik, perpaduan antara gaya Melayu, Jawa, dan Eropa. Bangunan masjid terdiri dari dua lantai, dengan atap berbentuk limas bersusun tiga. Dinding masjid dihiasi dengan kaligrafi dan ukiran-ukiran indah.

Di dalam masjid, terdapat berbagai benda bersejarah, seperti Al-Qur’an tertua di Lampung, meriam peninggalan Portugis, dan gentong air bercorak China. Selain itu, masjid ini juga menyimpan koleksi buku-buku dan arsip peninggalan Belanda dan Portugis.

Masjid Al-Anwar tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi saksi bisu penyebaran Islam di Lampung. Pada masa penjajahan Belanda, masjid ini menjadi tempat berkumpulnya para pejuang kemerdekaan.

Masjid Al-Anwar merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat belajar tentang sejarah penyebaran Islam di Lampung dan melihat berbagai benda bersejarah yang tersimpan di masjid ini.

27. Masjid Al-Furqon

Masjid Al-Furqon merupakan salah satu ikon wisata sejarah dan religi di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Masjid ini dibangun atas gagasan Presiden Soekarno pada tahun 1951 dan diresmikan pada tanggal 5 April 1961.

Masjid Al-Furqon memiliki luas bangunan 10.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 10.000 jamaah. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini memiliki kubah limas yang unik dan menara Al-Qur’an yang menjulang tinggi.

Masjid Al-Furqon memiliki banyak sekali daya tarik yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Lampung. Selain arsitekturnya yang indah, masjid ini juga memiliki sejarah yang panjang dan kental dengan nilai-nilai perjuangan.

Masjid Al-Furqon terletak di pusat Kota Bandar Lampung, tepatnya di Jalan Diponegoro No. 123. Masjid ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum. Masjid Al-Furqon merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh tentang sejarah dan religi di Lampung.

28. Pantai Puri Gading

Pantai ini terletak di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung. Pantai Puri Gading merupakan salah satu pantai terbersih di Bandar Lampung. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, Pantai Puri Gading juga memiliki pemandangan yang indah, dengan latar belakang Teluk Betung.

Di Pantai Puri Gading, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang, bermain air, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan. Pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas, seperti gazebo, toilet, dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman.

Harga tiket masuk Pantai Puri Gading cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 per orang. Pantai ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Pantai Puri Gading merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bandar Lampung. Dengan keindahan alamnya yang memukau, Pantai Puri Gading akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

29. Pantai Duta Wisata Tirtayasa

Pantai Duta Wisata Tirtayasa, salah satu tempat wisata di Bandar Lampung yang sangat menarik untuk didatangi. Pantai ini terletak di Desa Munca, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Pantai Duta Wisata Tirtayasa memiliki pesona alam yang luar biasa. Hamparan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan deretan pohon kelapa yang rindang membuat pantai ini sangat nyaman untuk bersantai. Selain itu, Pantai Duta Wisata Tirtayasa juga memiliki pemandangan yang indah, dengan latar belakang perbukitan dan Teluk Lampung.

Bagi Anda yang suka fotografi, Pantai Duta Wisata Tirtayasa adalah tempat yang tepat untuk hunting foto. Ada banyak spot foto yang instagramable, seperti di dermaga, di atas bukit, atau di sekitar pantai.

Harga tiket masuk Pantai Duta Wisata Tirtayasa cukup terjangkau, yaitu Rp10.000 per orang. Jam buka pantai ini adalah setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Duta Wisata Tirtayasa yakni Bersantai di tepi pantai, Berenang di laut, Bermain pasir, Berfoto-foto, Memancing

30. Waterpark Citra Garden

Waterpark ini terletak di Jalan Jl. DR. Setia Budi No.170, Negeri Olok Gading, Kec. Tlk. Betung Bar., Kota Bandar Lampung

Waterpark Citra Garden merupakan salah satu waterpark terbesar di Kota Bandar Lampung. Waterpark ini memiliki luas sekitar 2,5 hektar dan memiliki berbagai macam wahana air yang menarik untuk dicoba.

Kolam renang dewasanya cukup luas dan memiliki kedalaman yang bervariasi. Ada kolam renang yang dangkal, cocok untuk anak-anak, dan ada juga kolam renang yang dalam, cocok untuk orang dewasa yang suka berenang.

Kolam renang anak-anak juga cukup luas dan dilengkapi dengan berbagai macam perosotan. Anak-anak pasti akan senang bermain air di kolam renang ini. Selain kolam renang, Waterpark Citra Garden juga memiliki wahana permainan air lainnya

  1. Water slide, yaitu wahana seluncuran air yang memiliki berbagai macam bentuk dan ketinggian.
  2. Wave pool, yaitu kolam ombak buatan yang akan memberikan sensasi seperti berenang di laut.
  3. Lazy river, yaitu sungai buatan yang bisa kamu nikmati dengan bersantai di atas ban pelampung.
  4. Kiddie pool, yaitu kolam khusus untuk anak-anak.

Waterpark ini memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, serta harga tiket masuk yang terjangkau. Berikut adalah informasi mengenai harga tiket masuk dan jam buka Waterpark Citra Garden:

Harga tiket masuk:

  • Dewasa: Rp50.000
  • Anak-anak: Rp35.000
  • Lansia: Rp40.000

Jam buka:

  • Senin-Jumat: 08.00-18.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 08.00-20.00 WIB