Cara Buka Rekening SeaBank Indonesia Beserta Keuntungannya

Bagi pengguna aplikasi Shopee, harusnya sudah tidak asing dengan SeaBank Indonesia. Tapi memang tidak semua pengguna Shopee tertarik menggunakan layanan SeaBank karena alasan tertentu.

Salah satu alasannya karena merasa tidak memerlukan layanan perbankan digital tersebut. Walaupun demikian, tidak sedikit juga pengguna yang akhirnya tertarik mendaftar SeaBank karena beragam keuntungan bisa diperoleh.

Bukan hanya sekadar aplikasi perbankan digital yang memudahkan transaksi saja, ada banyak fitur menarik mereka tawarkan. Supaya lebih paham tentang apa itu SeaBank beserta keuntungannya, simak pembahasan berikut.

Membahas Singkat Mengenai Apa itu SeaBank Indonesia?

Terkait apa itu SeaBank, adalah sebuah aplikasi perbankan digital yang menawarkan beragam layanan menarik berbasis online. Aplikasi ini adalah produk keluaran dari perusahaan bernama PT. Bank Seabank Indonesia.

SeaBank dijamin aman karena sudah terdaftar secara resmi serta diawasi oleh OJK. Jadi, bukan merupakan perusahaan illegal. Bukan hanya itu, perusahaan ini juga merupakan anggota penjamin LPS.

Sebelum akhirnya diakuisisi oleh PT. Danadipa Artha Indonesia nama dari perusahaan ini dulunya adalah BKE atau Bank Kesejahteraan Ekonomi. Akuisisi tersebut dilakukan pada tanggal 10 Februari tahun 2021 lalu.

Danadipa Artha Indonesia adalah perusahaan keuangan yang kebanyakan sahamnya dimiliki anak perusahaan Sea Group, yakni Turbo Cash. Sea Group merupakan perusahaan mutinasional yang populer dengan marketplacenya yaitu Shopee.

Sea Group asalnya dari Singapura. Dari sini bisa disimpulkan bahwa SeaBank merupakan saudara aplikasi Shopee. Untuk itulah tidak mengherankan bila keduanya saling terafiliasi pada berbagai jenis layanan

Bahkan sebagai pengguna Shopee, Anda akan menemukan adanya informasi terkait penawaran layanan pembukaan rekening SeaBank Indonesia secara langsung. Tentunya dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan bila berkenan melakukan pembukaan rekening.

Aplikasi satu ini bisa dengan mudah diunduh lewat App Store maupun Play Store. Bukan hanya melalui aplikasi saja, Anda dapat mengaksesnya dengan mudah melalui situs https://www.seabank.co.id/.

Inilah Tata Cara Daftar SeaBank Mudah Dilakukan

Sebelum mendaftarkan diri atau membuka rekening SeaBank, Anda perlu memastikan sudah memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya, merupakan WNI dengan bukti berupa e-KTP dan memiliki usia lebih dari 17 tahun.

Selain itu, tidak mempunyai kewajiban pajak di negara lain. Baru setelah itu bisa mendaftarkan diri secara online tanpa harus mengunjungi kantor cabang tertentu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Langkah pertama, unduh aplikasi SeaBank Indonesia di Play Store maupun App Store, lalu pasang.
  2. Setelah aplikasi berhasil terpasang di perangkat, buka, lalu akan muncul tiga opsi pendaftaran yang bisa dipilih. Yaitu memakai akun Shopee, nomor telepon atau Apple ID. Mengenai pemilihannya menyesuaikan dengan preferensi setiap individu nyaman menggunakan yang mana.
  3. Sesudah memilih salah satu opsi pendaftaran, pihak SeaBank akan mengirimkan kode OTP. Tentunya dikirimkan sesuai dengan opsi pendaftaran yang sebelumnya dipilih.
  4. Lanjutkan dengan menginputkan kode OTP tersebut pada kolom tersedia.
  5. Bila sudah, isikan seluruh informasi data diri yang diminta dengan tepat dan pastikan lengkap.
  6. Langkah berikutnya, unggah gambar KTP menggunakan kamera belakang yang sudah terkoneksi dengan aplikasi.
  7. Setelah itu, untuk menjaga keamanan selama transaksi menggunakan SeaBank Indonesia, atur PIN sejumlah 6 digit.
  8. Kemudian sekarang waktunya melakukan verifikasi data lewat video call menggunakan kamera depan yang sudah terkoneksi dengan aplikasi. Pada tahapan ini pastikan jaringan internetnya lancar dan pencahayaannya cukup agar wajah yang tertangkap kamera terlihat jelas. Ketika proses verifikasi nantinya Anda akan diminta untuk menunjukkan KTP asli.
  9. Langkah-langkah pendaftaran telah selesai. Anda sudah mempunyai rekening SeaBank dan bisa memanfaatkan fitur tersedia.

Berbagai Keuntungan Menggunakan Layanan SeaBank

Bukan tanpa alasan mengapa akhirnya banyak orang tertarik menggunakan SeaBank Indonesia, terutama bagi pengguna Shopee. Sebab, ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Biaya Layanan Gratis

Keuntungan pertama, hampir seluruh layanan yang disediakan oleh bank digital satu ini gratis. Utamanya layanan transfer serta biaya admin bulanan. Dibandingkan aplikasi sejenis lainnya, kuota untuk transfer ke bank lain secara gratis termasuk lebih banyak.

Dalam satu bulan pengguna bisa melakukan transfer ke bank lain secara gratis sebanyak 100 kali. Ketika menyimpan uang di aplikasi ini, pengguna tidak akan terkena potongan biaya admin sepeserpun.

2. Nilai Suku Bunganya Besar

Aplikasi ini menawarkan nilai suku bunga yang termasuk besar, baik itu deposito maupun tabungan. Suku bunga untuk deposito sebesar 7%, sedangkan tabungan mencapai 6% dan cair setiap hari.

Angka tersebut berarti melebihi ketentuan yang disetujui pihak LPS. Walaupun demikian Anda tidak perlu khawatir karena SeaBank Indonesia tentunya sudah menjamin deposito serta tabungan para penggunanya agar tetap aman.

3. Aplikasinya Termasuk Ringan

Aplikasi bank digital satu ini termasuk ringan dan mudah di akses. Selain itu, tampilannya sederhana, bahkan mirip Shopee, dari segi ikon, jenis huruf serta warna. Jadi, bila Anda familiar dengan Shopee, tidak akan kesulitan mengoperasikan aplikasi ini.

4. Tidak Adanya Minimal Saldo Rekening

Sama halnya dengan produk perbankan digital lainnya, aplikasi ini bisa digunakan tanpa harus ada minimal saldo rekening. Jadi, bisa dikatakan bahwa tidak ada aturan minimal saldo rekening yang harus diendapkan.

Hal ini berarti, pengguna bisa mengambil atau menarik seluruh saldo tabungan yang dimiliki hingga nol. Berbeda dengan layanan bank konvensional, biasanya akan ada saldo mengendap sejumlah tertentu, sehingga tidak bisa diambil hingga nol.

5. Proses Pembayaran Cepat

Ketika menggunakan layanan SeaBank Indonesia untuk membayar transaksi tertentu, akan diproses dengan cepat. Tanpa harus mengantre dan menunggu lama. Hal ini dikarenakan prosesnya dilakukan secara real time.

6. Afiliasinya Kuat dengan Shopee

Keuntungan lainnya, karena afiliasinya kuat dengan Shopee, bagi pengguna layanan keduanya tentu akan lebih dimudahkan. Akan ada beragam promo menarik yang nantinya ditawarkan, mulai baik itu berupa diskon, cash back atau lain-lain.

7. Transaksi Aman

Aman dalam hal ini bukan hanya karena diawasi oleh pihak OJK saja. Tapi, aplikasi ini didukung oleh sistem enskripsi yang mampu mencegah pengaksesan tanpa izin. Jadi, nantinya kegiatan mencurigakan bisa terdeteksi.

Selain itu, aplikasi ini melindungi transaksi para penggunanya dengan verifikasi dua langkah. Hal seperti ini cukup membantu menjaga keamanan transaksi dari kejahatan cyber.

Mengetahui Produk SeaBank Apa Saja?

Terdapat beragam produk yang ditawarkan oleh SeaBank Indonesia. Apa saja? Ada deposito, tabungan serta virtual account. Saldo minimal yang bisa dimasukkan untuk deposito sebesar 1 juta dengan ukuran jatuh tempo 1 bulan dan bunga 7% per tahunnya.

Selanjutnya yaitu produk tabungan, tapi tanpa buku. Sebagai ganti dari buku tersebut, pengguna bisa mengunduh langsung dari aplikasi file e-statement. Isinya tentang laporan transaksi keuangan rekening setiap bulannya.

Jumlah bunga tabungan yang diperoleh mencapai 6% per tahun, berlaku pada pembukaan rekening sampai bulan September tahun 2022. Sedangkan setelahnya berlaku suku bunga normal yaitu 4% per tahunnya.

Terakhir yaitu produk VA atau virtual account yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran memakai kode khusus serupa rekening. Sebagaimana kita tahu bahwa nomor VA memiliki banyak manfaat, seperti mempermudah proses pembelian dan pembayaran tagihan.

Informasi selengkapnya mengenai SeaBank bisa Anda peroleh di laman www.seabank.co.id. Bila tertarik memasang aplikasi SeaBank Indonesia, pastikan terlebih dahulu kapasitas memori perangkat mencukupi agar proses instalasi berjalan lancar.