Keuntungan Menggunakan Allo Bank Indonesia yang Bisa Dirasakan

Ada beberapa keuntungan menggunakan Allo Bank Indonesia yang bisa dirasakan oleh para penggunanya. Tidak heran bila produk bank digital satu ini begitu populer dan memiliki semakin banyak peminat.

Sebagaimana kita tahu, bank digital di negara Indonesia sekarang ini semakin marak bermunculan seiring dengan semakin bertambahnya pengguna. Sebagian perusahaan mendirikannya secara murni berbentuk digital sejak awal.

Sedangkan sebagian lainnya, pada awal mulanya konvensional, lalu berkembang mengikuti kebutuhan pasar menjadi melayani transaksi secara digital. Bagi Anda yang tertarik memakai layanan satu ini, bisa mempertimbangkan informasi relevan sebagai berikut.

Membahas Singkat Tentang Apa Itu Allo Bank?

Allo Bank adalah perusahaan yang asalnya dari negara Indonesia, bergeraknya di bidang perbankan. Tapi, memang sekarang ini lebih populer dengan layanan perbankan digital yang dimilikinya.

Dulu, nama Allo Bank Indonesia adalah PT. Bank Harda Internasional, yang berdiri sudah sejak tahun 1992 silam. Lokasi perusahaan ini pada awalnya di Jakarta. Sempat berubah nama menjadi PT. Bank Artha Griya, PT. Bank Harda Griya, lalu menjadi Bank Harga Griya pada tahun 1996.

Hingga pada akhirnya, pada tanggal 30 Juni 2021, berubah nama menjadi Allo Bank. Istilah tersebut adalah singkatan dari all in one, maknanya semua dalam satu. Peluncuran aplikasi perbankan digital satu ini dilakukan pada tahun 2022 lalu, tepatnya tanggal 20 Mei.

Ada beberapa perusahaan besar pemegang saham Allo Bank Indonesia. Terbesar adalah perusahaan Mega Corpora, diikuti oleh Bukalapak serta PT. Indolife Investama Perkasa. Pada tahun 2021, perusahaan ini sudah diakuisisi secara resmi oleh PT. Mega Corpora.

Menariknya, perusahaan ini telah memperoleh persetujuan OJK untuk beroperasi secara resmi. Jadi, para pengguna layanan tidak perlu khawatir terkait legalitasnya. Semakin dikenalnya bank digital satu ini adalah sejak terselenggaranya Allo Bank Festival tahun 2022 lalu pada bulan Mei.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Allo Bank Indonesia yang dapat Anda Rasakan

Adanya Allo Bank Indonesia mempermudah aktivitas transaksi para pengguna. Salah satu kemudahan yang ditawarkan yaitu melayani transaksi pembayaran via barcode. Jadi, pengguna tidak perlu memakai kartu lagi.

Terdapat banyak fitur menarik ditawarkan oleh aplikasi satu ini. Bukan hanya memudahkan pembayaran lewat barcode saja. Inilah beberapa keuntungan memakai aplikasi ini yang bisa Anda rasakan:

1. Memperoleh Poin Setiap Kali Melakukan Transaksi

Salah satu daya tarik aplikasi ini yaitu setiap pengguna yang melakukan transaksi tertentu akan memperoleh poin. Pengumpulan poin nantinya terhitung dalam bentuk membership atau keanggotaan

Setelah terkumpul, pengguna bisa memanfaatkannya sebagai alat pembayaran. Aturannya, satu poin yang diperoleh sama nilainya dengan satu rupiah. Poin tidak hanya bisa digunakan sendiri.

Tapi, dapat dikirimkan ke sesama user Allo Bank Indonesia lainnya. Caranya dengan mengakses fitur kirim hadiah. Jadi, hanya dengan satu kali transaksi, akan ada dua keuntungan sekaligus yang Anda peroleh.

2. Adanya Level Keanggotaan

Keuntungan selanjutnya yaitu adanya level keanggotaan. Sebagaimana sudah sedikit disinggung sebelumnya, bahwa konsep perolehan poin terbagi ke dalam beberapa kelas, meliputi starter, advance serta premium.

Setiap kelas mempunyai tingkatan berbeda, di mana yang lebih tinggi menawarkan bonus menarik. Semakin sering melakukan transaksi memakai aplikasi ini, berpeluang menaikkan level keanggotaan, sehingga mendapatkan berbagai bonus menarik.

3. Gratis Tarif Transfer serta Biaya Admin

Keuntungan lainnya, untuk transfer atau pengiriman dana secara online, penyedia layanan ini tidak akan mengenakan biaya alias gratis. Selain itu, mengenai biaya admin setiap bulannya juga tidak akan ada potongan.

Kedua hal yang ditawarkan tersebut biasanya menjadi pertimbangan utama pengguna sebelum memakai layanan Allo Bank Indonesia. Menariknya lagi, pengguna bisa menarik seluruh tabungan dana dimiliki tanpa perlu khawatir mengalami saldo tertahan.

4. Menawarkan Banyak Promo

Ada banyak jenis promo yang nantinya bisa pengguna peroleh. Mulai dari diskon atau potongan harga sejumlah tertentu, cash back dan lain-lain. Bila Anda beruntung, bisa memperoleh promo tersebut yang biasanya diberikan dalam bentuk kupon.

5. Mendukung Layanan Transfer BI-Fast

Keuntungan terakhir yang bisa diperoleh yaitu aplikasi ini mendukung layanan transfer BI-Fast. Jadi, BI-Fast adalah sebuah layanan transfer dana serta pembayaran ritel yang aman, cepat serta fleksibel karena bisa di akses setiap saat.

Inilah Tata Cara Daftar Aplikasi Allo Bank Mudah Diikuti

Supaya bisa merasakan berbagai keuntungan yang disebutkan tersebut, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Sebelum mendaftar, pastikan memiliki kapasitas memori mencukupi dengan koneksi internet mumpuni. Barulah bisa mengikuti tata cara berikut:

  1. Pertama-tama, pasang terlebih dahulu aplikasi Allo Bank Indonesia yang bisa diperoleh dari App Store maupun Play Store, tergantung jenis perangkatnya.
  2. Setelah aplikasi berhasil terpasang, buka, kemudian pilih menu Register.
  3. Lanjutkan dengan mengisikan berbagai data diri yang diminta. Mulai dari nama, nomor HP, alamat email hingga kata sandi atau password. Pastikan pengisian data diri tepat, apalagi untuk bagian nomor HP dan alamat email, inputkan yang masih aktif.
  4. Setelah seluruh data terisi, tekan bagian bertuliskan Create My Account.
  5. Akan tampil informasi syarat serta ketentuan penggunaan aplikasi ini. Baca dengan seksama supaya, lalu setujui dengan cara menekan tanda centang yang ada.
  6. Kemudian kode OTP sejumlah 6 digit akan dikirimkan ke nomor ponsel yang sebelumnya sudah didaftarkan. Inputkan kode tersebut pada kolom tersedia, lalu tekan bagian tombol bertuliskan Continue.
  7. Bila sudah, aplikasi Allo Bank Indonesia akan meminta pengguna untuk membuat PIN sejumlah 6 digit. PIN ini nantinya sangat bermanfaat untuk memudahkan verifikasi pada setiap kali melakukan transaksi. Maka dari itu, jangan sampai terlupa, bila perlu catat. Sesudah itu, tekan tombol Selesai.
  8. Sekarang proses pendaftaran telah selesai dan Anda bisa mulai menggunakan fitur menarik tersedia. Mulai dari bayar QRIS di merchant, bayar online di e-commerce, tarik tunai tanpa harus menggunakan kartu, transfer dana dan masih banyak lagi.

Beberapa Kekurangan Allo Bank Bisa Menjadi Pertimbangan

Aplikasi Allo Bank Indonesia memang memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan, tapi tetap tidak terlepas dari namanya kekurangan. Sebagian pengguna tidak terlalu mempermasalahkan kekurangan tersebut karena dianggap tidak mengganggu transaksi.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya bila Anda mempertimbangkan kekurangannya. Salah satu kekurangannya yaitu memiliki fitur yang bisa dikatakan masih terbatas dan standar bank digital. Belum ada banyak fitur khusus seperti pada produk sejenis lainnya

Kekurangan lainnya, setiap membuka aplikasi, pengguna harus login ulang terlebih dahulu. Dalam artian, belum ada fitur login otomatis. Jadi, ketika pengguna sudah keluar dari aplikasi dan tidak melakukan pengaksesan selama beberapa waktu, harus melakukan login ulang.

Sebagian orang menganggap hal seperti ini kurang efektif, apalagi bila waktu dimiliki sangat terbatas, cenderung merepotkan. Dari segi suku bunga per tahun, sebanyak 4%, di mana angka ini masih kalah bila dibandingkan dengan kompetitor.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan layanan bank digital satu ini, pertimbangkan dengan baik keuntungan dan kekurangannya. Pahami juga berbagai informasi relevan dengan Allo Bank Indonesia, agar saat pengoperasian sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *