Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Ibu Hamil - INFOBDL.COM

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Ibu Hamil

INFOBDL.COM - Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Ibu Hamil. Buah kiwi atau nama latinnya Actinidia deliciosa ini telah banyak dibicarakan dan diteliti khasiatnya lebih lanjut untuk kesehatan tubuh. Buah ini berasal dari kota Shaanxi, Cina, awalnya buah kiwi diberi nama Gosberi Cina karena asalnya dari Cina dan merupakan beri-berian. Namun, namanya berubah semenjak terjadinya pengeksporan buah ini di tahun 1950-an. Ukuran buah ini menyerupai besarnya telur ayam, kira-kira berdiameter 4,5 - 5,5 cm. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari sejumlah penyakit ringan hingga kronis. Buah ini memiliki ciri khas dibagian dagingnya yang berwarna hijau terang atau keemasan, ditambah dengan tumpukan biji kecil berwarna hitam yang bisa langsung dimakan. Tekstur dagingnya sangat halus sehingga mudah untuk dikunyah dan dicerna. Buah Kiwi ini baik secara rutin dimakan oleh ibu hamil atau sedang menyusui. Beberapa manfaat buah kiwi sebagai berikut:

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Ibu Hamil

  1. Menjaga kesehatan saraf janin di kandungan
    Buah kiwi dapat mencegah bayi terlahir dalam kondisi cacat bawaan. Untuk ibu hamil cukupi kebutuhan gizi berupa asid folik yang bisa diambil dari buah kiwi. Selain dapat mencegah bayi lahir cacat, buah kiwi bisa mengembangkan otak dan saraf yang tidak sempurna sebanyak 70%. Cacat saraf yang umum terjadi dan menyerang bayi sewaktu dilahirkan adalah spina bifida, penutup saraf tunjang dan kolum spina tidak lengkap. Buah kiwi dapat menciptakan keajaiban untuk ibu hamil yaitu dengan memperkecil risiko terjadinya cacat saraf seperti diatas.
  2. Mencegah katarak
    Buah kiwi adalah mengandung senyawa lutein yang bermanfaat untuk ibu hamil, salah satunya mencegah terjadinya katarak. Katarak dapat terjadi pada usia muda maupun lansia, karena faktor makanan hingga usia senja, hal tersebut menjadikan sistem saraf tubuh mulai tak berkerja secara produktif, efeknya bisa mengganggu kesehatan, khususnya mata. Saat hamil, wajar terjadi beberapa gangguan kesehatan mata, dengan mencukupi kebutuhan gizi dengan konsumsi buah seperti kiwi bisa mengurangi risiko mata terserang katarak dan bayi terlahir selamat serta sehat.
  3. Mengontrol berat badan ideal
    Seorang ibu biasanya setelah melahiran mengalami masalah dengan kegendutan. Masalah tersebut umum dijumpai dan dikeluhkan oleh para ibu pasca melahirkan. Jika Anda mengalami hal serupa tak perlu khawatir karena buah kiwi berperan untuk mengontrol berat badan Anda. Kandungan serat buah kiwi yang mudah larut didalam perut sangat dianjurkan oleh dokter untuk rutin dimakan para ibu yang baru saja atau sedang mengandung.
  4. Menurunkan risiko stroke pada kehamilan
    Manfaat buah kiwi untuk kesehatan ibu hamil lainnya adalah meminimalisir terjadinya stroke saat mengandung. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) stroke banyak menyerang wanita hamil dari tahun ke tahun. Penyakit dapat menyerang ibu yang hamil dengan keadaan obesitas, hipertensi dan penyakit jantung. Untuk mencegahnya penyakit tersebut buah kiwi sangat cocok dijadikan solusi terbaik. Sebab buah kiwi juga mampu mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah dengan bantuan antioksidan alami seperti polifenol. Oleh karenanya penyakit seperti stroke dan serangan jantung akan hilang.

Buah kiwi sangat direkomendasikan untuk ibu yang sedang mengandung, tentunya sang ibu akan sangat memperhatikan kesehatan janinnya agar lahir dengan selamat, jadi tak sedikit para ibu yang mulai membiasakan diri untuk konsumsi buah kiwi saat mengandung. Demikian informasi mengenai Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Ibu Hamil yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Bagikan artikel ini

Pasang Iklan Gratis