Mengajarkan Si Kecil Cara Belajar Berhitung - INFOBDL.COM

Mengajarkan Si Kecil Cara Belajar Berhitung

INFOBDL.COM - Mengajarkan Si Kecil Cara Belajar Berhitung. Mengajarkan belajar anak tidak perlu terlalu serius dan formal, cara tersebut justru akan membuat anak tidak mau belajar dan tegang. Kegiatan mengajar anak harus diselingi dengan permainan-permainan yang menarik, sehingga ia bisa cepat mengingat dan mau belajar lagi. Mari kita ajarkan anak untuk belajar berhitung yang menyenangkan :

Mengajarkan Si Kecil Cara Belajar Berhitung

1. Berhitung mengunakan Variasi Mainan
Mainan memiliki variasi bentuk dan warna yang tentunya akan menarik perhatian anak. Cobalah untuk belajar berhitung menggunakan variasi mainan ini, misal, mintalah anak anda untuk menghitung jumlah leggo atau balok warna-warni miliknya. Cara ini akan membantu anak dalam berhitung dan memahami tentang bentuk tiga dimensi serta jenis-jenis warna.

2. Berhitung menggunakan Permainan Tradisional
Salah satu cara menarik untuk mengajarkan anak berhitung adalah dengan permainan tradisional. Permainan tradisional yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran adalah seperti cangklok, bekel dan lain sebagainya. Cara belajarnya adalah dengan menghitung jumlah biji. Mintalah ia untuk bermain sambil menghjitung jumlah biji yang dimasukkan pada setiap lubang-lubang cangklok. Selain bisa belajar berhitung, cara ini juga dapat melestarikan budaya tradisional.

3. Bergerak Sambil Berhitung
Untuk mengajarkan anak berhitung terdapat banyak cara, salah satunya adalah dengan memintanya berhitung ketika berjalan. Mintalah ia untuk menghitung langkahnya, permainan ini akan membantunya mengembangkan konsep tentang ukuran dan lebih mudah mengingat angka-angka.

4. Berhitung Dengan Kancing
Ketika si kecil akan pergi ke sekolah, biarkan dia memakai pakaiannya sendiri. Selain itu, mintalah dia untuk belajar berhitung dengan jumlah kancing pada pakaiannya, cara tersebut tentu sangat mudah dilakukan dan membuat anak lebih cepat hafal.

Menyenangkan sekalikan mengajarkan cara belajar berhitung pada anak dengan berbagai macam permainan dan barang yang ada disekitar si kecil. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini

Pasang Iklan Gratis