Cara Buka Rekening Tabungan BRI, BNI, BTN dan Mandiri Secara Online - INFOBDL.COM

Cara Buka Rekening Tabungan BRI, BNI, BTN dan Mandiri Secara Online

Sekarang ini tata cara buka rekening tabungan secara online sudah banyak diterapkan oleh para pengguna yang menginginkan kepraktisan tanpa harus mengunjungi bank dan mengantre. Terdapat banyak jenis bank yang menyediakan pembuatan rekeningnya secara online.

Cara Buka Rekening Tabungan BRI, BNI, BTN dan Mandiri Secara Online

Beberapa di antaranya adalah bank BRI, BNI, BTN dan Mandiri. Karena cara pembuatan rekeningnya secara online, Anda perlu memiliki perangkat dan koneksi internet yang mumpuni.

Sebelum memulai tata caranya, sebaiknya siapkan dokumen yang diperlukan. Secara umum, dokumen yang perlu disiapkan sama, yaitu KTP. Baru setelah itu bisa menerapkan langkah-langkahnya yang akan dijelaskan lebih lengkapnya pada uraian berikut untuk setiap bank.

Tata Cara Buka Rekening Tabungan Secara Online Bank BRI

Pertama adalah tata cara buka rekening tabungan secara online bank BRI. Anda bisa membukanya secara online lewat website, sehingga tidak perlu memasang aplikasi tertentu. Inilah tata caranya yang bisa Anda ikuti:

  1. Langkah pertama, kunjungi alamat website https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/ 
  2. Akan muncul informasi 4 langkah buka rekening baru. Pada bagian bawahnya, terdapat tombol bertuliskan Buka Rekening, tekan.
  3. Setelah menekan tombol tersebut, akan muncul beberapa jenis produk yang dipilih. Di antaranya, BritAma, BritAmaX, BritAma Bisnis Mastercard, Simpedes, Simpedes Bisa, BritAma Pro dan Giro BRI. Pilih salah satu jenis produk yang Anda inginkan, misalnya Simpedes. Tekan tombol bertuliskan Informasi Produk. Akan muncul informasi produk Simpedes, dari keuntungan hingga persyaratannya. 
  4. Lanjutkan dengan menekan tombol Pilih Rekening, lalu cari lokasi kantor BRI terdekat domisili yang diinginkan untuk pengelolaannya.
  5. Setelah memilih lokasi kantornya, unggah foto e-KTP, selfie dengan KTP serta NPWP bila ada.
  6. Langkah selanjutnya, masukkan identitas diri yang diminta sesuai dengan KTP.
  7. Kemudian, verifikasi data dengan cara melakukan video recording.
  8. Langkah terakhir, kirimkan dana setoran awal dengan jumlah menyesuaikan dengan jenis rekening BRI yang dipilih.
  9. Sekarang, rekening tabungan BRI baru sudah berhasil dibuka dan digunakan.

Cara Membuka Rekening Tabungan BNI Secara Online

Berikutnya adalah cara buka rekening tabungan secara online bank BNI. Berbeda dengan BRI, pada BNI, Anda perlu memasang aplikasi BNI Mobile Banking terlebih dahulu. Baru setelah itu bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi BNI Mobile Banking yang sudah terpasang di ponsel. Kemudian tekan tombol bertuliskan Buka Rekening BNI.
  2. Akan muncul dua opsi, pilih bagian Pembukaan Rekening BNI Taplus.
  3. Tekan tombol Daftar untuk memulai pembukaan tabungan.
  4. Setelah itu, lanjutkan dengan mempersiapkan e-KTP serta NPWP bila ada. Siapkan juga alat tulis dan kertas putih untuk tanda tangan.
  5. Sesudah menyiapkannya, isikan data diri berupa nomor NIK, tanggal lahir, kode referal bila ada dan lainnya hingga selfie.
  6. Kemudian Anda akan memperoleh nomor rekening serta nomor kartu debit virtual.
  7. Sekarang rekening BNI sudah aktif, tapi Anda perlu mengaktivasi BNI Mobile Banking terlebih dahulu untuk mempermudah aktivitas transaksi nantinya.
  8. Setelah melakukan aktivasi, sebaiknya, segera lakukan setoran awal dengan jumlah sesuai dengan yang diminta. Tujuannya supaya terhindar dari penutupan oleh sistem secara otomatis. 

Mengenai cara buka rekening tabungan secara online BNI, lebih lengkap ada pada laman resminya di https://www.bni.co.id/id-id/bukatabungandigital. Sebagai catatan, pastikan Anda terhubung dengan nomor WA atau memiliki pulsa untuk mempermudah pengiriman kode OTP.

Bagi Anda yang sudah menjadi nasabah BNI, tapi ingin membuka tabungan lagi, bisa langsung login ke akun dimiliki. Masuk ke akun BNI Mobile Banking yang sudah Anda miliki, kemudian tekan menu bertuliskan Rekeningku pada halaman utama aplikasi.

Lanjutkan dengan menekan menu Pembukaan Rekening, lalu Taplus. Baru setelah itu bisa mulai mempersiapkan e-KTP dan mengikuti tata cara sebagaimana sudah dijelaskan di atas.

Langkah-langkah Pembuatan Rekening untuk Bank BTN

Sebelum membuka rekening BTN, pastikan sudah memasang aplikasi bernama BTN Digital Solution terlebih dahulu. Kemudian buat akun dengan cara mengisikan data diri sesuai yang diminta serta verifikasi email

Setelah berhasil mendaftarkan diri dan memiliki akun, barulah Anda bisa menerapkan tata cara buka rekening tabungan secara online bank BTN. Inilah langkah-langkah pembuatannya yang bisa diikuti:

  1. Langkah pertama, pilih bagian menu Pembukaan Rekening.
  2. Nantinya, Anda akan diarahkan untuk mengunduh dan memasang aplikasi BTN Open Account.
  3. Setelah terpasang, tekan tombol Buka.
  4. Lanjutkan langkah dengan masuk ke halaman Daftar Rekening.
  5. Tata cara buka rekening tabungan secara online berikutnya, isikan data pribadi, data pekerjaan serta informasi tambahan yang diminta.
  6. Kemudian tekan ikon gambar kamera untuk proses pengambilan foto wajah.
  7. Lalu tekan Finish untuk mengirimkan data tersebut.
  8. Tunggu hingga memperoleh pesan SMS serta pemberitahuan email yang isinya nomor registrasi.
  9. Bila sudah, sekarang waktunya datang ke bagian CS bank BTN terdekat domisili untuk melakukan validasi atau KYC.
  10. Setelah itu, lakukan aktivasi. Anda akan memperoleh kartu debit serta buku tabungan.

Cara Pembuatan Rekening Tabungan Mandiri 

Terakhir adalah tata cara buka rekening tabungan secara online bank Mandiri. Salah satu caranya yaitu dengan mengunjungi alamat website resminya di https://join.bankmandiri.co.id/app/

Situs tersebut hanya bisa di akses secara optimal lewat aplikasi browser Safari di iOS serta Chrome di Android. Jadi, jangan heran bila tidak melalui kedua jenis browser tersebut situs website tidak bisa terbuka. Setelah mengakses laman tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada halaman utama situs akan muncul beberapa menu. Tekan bagian menu Buka Rekening Baru.
  2. Akan muncul halaman yang isinya informasi terkait jam layanan dan beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan. Klik bagian Lanjut.
  3. Akan muncul beberapa jenis rekening Mandiri yang bisa dipilih. Pada cara buka rekening tabungan secara online kali ini, Mandiri Tabungan Now yang akan dipilih. Kemudian, tekan tombol Ajukan Pendaftaran.
  4. Lanjutkan langkah dengan memilih kartu debit yang diinginkan, apakah Gold Visa, Platinum GPN, Gold GPN atau Platinum Visa.
  5. Baca persyaratannya, lalu centang bagian setuju.
  6. Pilih bagian tidak mempunyai kewajiban pajak di luar negeri. 
  7. Sesudah mencentang semuanya, tekan tombol lanjut.
  8. Sekarang waktunya mengisikan seluruh data diri yang diminta, mulai dari NIK, nomor HP serta tanggal lahir sesuai KTP.
  9. Tata cara buka rekening tabungan secara online Mandiri selanjutnya, lakukan verifikasi kode OTP yang sudah dikirimkan ke nomor ponsel.
  10. Inputkan alamat pengiriman, klik selanjutnya.
  11. Kemudian unggah file foto KTP dan foto selfie.
  12. Tanda tangan di kertas putih yang sesuai dengan KTP.
  13. Pastikan untuk memeriksa seluruh data dengan baik, lalu tekan selanjutnya dan konfirmasi melalui video call.
  14. Lakukan verifikasi tanda tangan digital.
  15. Setelah itu, buat pin SMS banking dan sebaiknya jangan dibuat sama dengan tanggal lahir.
  16. Konfirmasi ulang dan sekarang rekening baru Mandiri selesai dibuat.

Agar langkah-langkahnya berjalan lancar dan cepat, pastikan sudah memahami dengan baik tata caranya terlebih dahulu. Persiapkan dokumen yang diminta, lalu Anda bisa menerapkan tata cara buka rekening tabungan secara online beberapa jenis bank di atas dengan lebih cepat.

Bagikan artikel ini

Pasang Iklan Gratis