Informasi Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2023 - INFOBDL.COM /* ganti br awal */ /* ganti br end */

Informasi Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2023

INFOBDL---Apakah Anda baru pertama kali mendengar tentang Beasiswa Bank Indonesia 2023 atau sudah tidak asing dengan program satu ini? Sebagai pemburu informasi beasiswa, sayang bila melewatkan kesempatan untuk mengikuti program satu ini.

Informasi Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2023

Beasiswa ini khusus untuk jenjang perguruan tinggi, baik itu D3, D4 maupun S1. Ada perguruan tinggi tertentu yang sudah bekerja sama dengan pihak Bank Indonesia, sehingga menyediakan program beasiswa satu ini.

Secara umum, syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi antara universitas satu dengan lainnya hampir sama. Mungkin ada perbedaan pada beberapa point saja menyesuaikan dengan kebijakan setiap kampus. Supaya lebih paham tentang beasiswa satu ini, simak uraian berikut.

Membahas Tentang Apa Itu Beasiswa Bank Indonesia 2023

Apa itu beasiswa BI? Jadi, beasiswa BI adalah sebuah program bantuan berupa dana pendidikan yang diberikan kepada kalangan mahasiswa penempuh studi pada penjang D3, D4 serta S1 dari semua perguruan tinggi di Indonesia.

Baik itu perguruan tinggi kategori negeri maupun swasta. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Beasiswa Bank Indonesia 2023 sudah ada sejak tahun 2011 silam. Pada saat itu, diperuntukkan untuk mahasiswa jenjang pendidikan S1.

Tapi, pada tahun 2020 diperluas lagi ke jenjang pendidikan D3. Dilanjutkan pada tahun 2021 mengalami perluasan ke jenjang D4 untuk perguruan tinggi negeri, swasta maupun politeknik yang mempunyai perjanjian kerja sama atau PKS dengan pihak BI.

Beberapa contohnya adalah Universitas Indonesia, IPB, IAIN Jember, Universitas Jember, Universitas Majalengka, IAIN Tulungagung, UGM, UNY, ITB, Universitas Padjajaran, UNAIR, UNESA dan lainny

Ada beberapa program studi yang diutamakan menerima beasiswa ini. Pada jenjang D3 dan D4 peternakan, pertanian, kehutanan, agribisnis, kelautan, pariwisata, tata boga, perhotelan, bisnis biro perjalanan, ekonomi kreatif, akuntansi, administrasi bisnis, ekonomi bisnis serta perikanan.

Sedangkan jenjang S1, yang diutamakan menerima Beasiswa Bank Indonesia 2023 adalah prodi akuntansi, ilmu ekonomi dan studi pembangunan, ekonomi Islam atau syariah, matematika, statistika, ilmu pemerintahan, ilmu sosial dan ilmu politik serta masih banyak lagi.

Ada dua jenis beasiswa BI, yaitu unggulan dan reguler. Perbedaan keduanya terletak pada persyaratan serta jumlah nominal bantuan yang nantinya diberikan. Selain biaya pendidikan, para penerima bantuan diwadahi komunitas GENBI untuk membantu meningkatkan kompetensinya.

Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi Saat Mendaftar Beasiswa BI 2023

Setiap program beasiswa memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi antara satu dengan lainnya cenderung berbeda-beda, termasuk BI ini. Inilah beberapa syarat atau ketentuan umum penting untuk Anda pahami sebelum mendaftarkan diri.

  1. Mahasiswa aktif jenjang pendidikan D3, D4 atau S1 dengan bukti berupa surat keterangan aktif atau KTM.
  2. Sedang tidak dalam kondisi menerima beasiswa dari Lembaga atau instansi lainnya.
  3. Sebanyak 75% calon pesertanya untuk D4 atau S1, diharapkan merupakan mahasiswa yang sedang menempuh semester empat atau minimal sudah merampungkan 40 SKS.
  4. Sebanyak 75% calon pesertanya untuk D3, diharapkan mahasiswa yang sedang menempuh semester dua atau minimal sudah merampungkan 24 SKS.
  5. Maksimal usia penerima Beasiswa Bank Indonesia 2023, untuk D3 maksimal 22 tahun, sedangkan D4 atau S1, maksimal 23 tahun ketika ditetapkan sebagai penerima beasiswa.
  6. Bantuan paling lama yang diberikan untuk D4 atau S1 adalah 4 semester, sedangkan 3 semester untuk D3. 
  7. Memiliki pengalaman berhubungan dengan menjalankan aktivitas atau kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.
  8. Sebanyak 80% calon pesertanya, diharapkan merupakan mahasiswa dari prodi prioritas. Bila tidak mampu terpenuhi, bisa menyesuaikan, asalkan tidak melampaui batasan kuota.
  9. Bersedia untuk berperan aktif, mengelola serta mengembangkan komunitas GENBI. Selain itu, ikut aktif berpartisipasi dalam aktivitas yang diselenggarakan oleh pihak BI.

Bukan hanya ketentuan umum saja, ada juga ketentuan khusus yang harus dipenuhi saat mendaftar Beasiswa Bank Indonesia 2023. Inilah ketentuan khususnya untuk jenjang pendidikan S1 unggulan:

  1. Melampirkan surat rekomendasi dari dua tokoh, mencakup akademik serta non-akademik.
  2. Membuat rencana karir serta motivation letter sesudah merampungkan pendidikan sarjana berbahasa Inggris.
  3. Memiliki IPK semester paling akhir minimal 3,5 untuk skala 4.
  4. Memiliki score TOEFL PBT atau ITP 500/ TOEFL IBT 61/ TOEFL CBT 173/ IELTS 6.0 dengan bukti berupa sertifikat pendukung masih aktif.

Sedangkan ketentuan khusus untuk S1 reguler dan vokasi D3 atau D4 antara lain, memiliki IPK minimal 3 skala 4, membuat motivation letter serta resume pribadi berbahasa Indonesia, melampirkan surat rekomendasi satu tokoh bisa akademik maupun non akademik.

Syarat khusus Beasiswa Bank Indonesia 2023 jenis reguler terakhir, diutamakan untuk mahasiswa yang asalnya dari keluarga pra sejahtera atau dengan ekonomi kurang mampu. Untuk membuktikannya diperlukan SKTM dari desa atau kelurahan domisili serta slip gaji orang tua.

Bila tidak ada slip gaji, bisa berupa surat keterangan penghasilan yang sudah disahkan oleh pihak kelurahan. Penentuan lolos seleksi berfokus pada ranking bila pengaju SKTM ternyata melebihi kuota. 

Sedangkan bila tidak ada calon yang asalnya dari keluarga pra sejahtera, bisa diambil dari mahasiswa lainnya asalkan memenuhi persyaratan. Jadi, bisa dikatakan menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

Inilah Tata Cara Mendaftar Beasiswa BI 2023

Tidaklah sulit sebenarnya mendaftar Beasiswa Bank Indonesia 2023. Secara umum, peserta yang ingin mendaftarkan diri harus mengumpulkan berkas pendaftaran kepada setiap kampus. Tentunya, berkas pendaftaran tersebut harus memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Agar tidak ada berkas yang tertinggal untuk dikumpulkan, Anda bisa menanyakannya kepada pihak kemahasiswaan kampus terkait. Pahami dengan baik persyaratan dan tata cara pendaftarannya sesuai dengan kebijakan kampus tersebut.

Jadwal pembukaan pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2023 berbeda-beda untuk setiap universitas. Agar tidak tertinggal informasi paling update, Anda perlu memantau akun Instagram komunitas GENBI di setiap kampus.

Informasi biasanya juga bisa diperoleh dari akun Instagram Bank Indonesia di setiap wilayah. Misalnya, area Jawa Timur akunnya bernama @bank_indonesia_jatim. Bahkan pengumuman siapa saja yang lolos seleksi bisa Anda pantau di sana.

Memahami Hal lain yang Diperlukan dalam Pendaftaran Beasiswa BI

Ketika memutuskan untuk melakukan pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2023, ada beberapa hal lain yang perlu Anda persiapkan menyesuaikan dengan kebijakan setiap kampus. Seperti, biasanya akan diminta pas foto paling baru ukuran 3 x 4 berwarna sebanyak satu lembar.

Anda juga bisa melampirkan fotokopi berkas prestasi bila memilikinya. Mengenai motivation letter, tidak bisa ditulis sembarangan. Biasanya sudah ada ketentuannya, seperti, ditulis dengan maksimal dua halaman format kertas A4

Setiap kampus sudah menyediakan format formulir pendaftarannya, sehingga mahasiswa tinggal mengisikan. Biasanya ada persyaratan mendetail sangat penting diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya pengumpulan berkas tersebut.

Yaitu berupa berkas harus dikumpulkan ke dalam map warna apa, di mana lokasinya dan kapan batas waktu maksimalnya. Selain itu, informasi apa saja yang perlu dituliskan pada map tersebut. Biasanya berupa nama, NIM, jurusan atau prodi serta nomor HP.

Agar proses pengurusan pendaftaran berjalan efektif dan efisien, perhatikan dengan baik persyaratan yang diminta sedetail mungkin. Tanyakan langsung kepada bagian kemahasiswaan kampus yang melayani pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2023.

Bagikan artikel ini

Pasang Iklan Gratis