5 Cara Sederhana untuk Memulai Gaya Hidup Sehat - INFOBDL.COM

5 Cara Sederhana untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

INFOBDL.COM - 5 Cara Sederhana untuk Memulai Gaya Hidup Sehat. Menerapkan pola hidup sehat sejak dini dapat memberikan dampak positif bagi hidup anda baik secara fisik maupun secara mental. Sayanganya banyak orang yang beranggapan susah untuk menjalani pola hidup sehat. Banyak yang telah mencoba, Namun tidak sedikit pula yang gagal dikarenakan malas dan dianggap sulit dan menyusahkan. Padahal, untuk melakukannya anda tidak perlu melakukan hal-hal yang berat. 5 cara sederhana dibawah ini dapat membantu anda hidup sehat dengan cukup mudah.
1. Makan Siang dengan Sayuran
Makan siang dengan sayuran dapat meningkatkan kesehatan pada tubuh anda. Jika anda lebih banyak mengkonsumsi sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit serius secara drastis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker. Menurut hasil penelitian dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh tiga penyakit yang disebutkan di atas dan itu dipicu oleh pola makan tidak sehat.

2. Naik Tangga
Seperti yang kita ketahui bahwa olah raga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. tapi bagaimana jika kita tidak punya cukup waktu untuk melakukan itu. Jawabnya mulailah dengan hal-hal yang sederhana. Kebiasaan naik-turun menggunakan tangga, bukan dengan eskalator akan lebih menyehatkan tubuh. Jika rutin dilakukan, maka berat badan bisa turun yang berdampak pada menurunnya tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko peradangan organ dalam. Artinya, kemungkinan terkena stroke dan serangan jantung akan jauh lebih sedikit.

3. Pakai Minyak Zaitun Saat Masak
Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam British Medical Journal menyatakan bahwa mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun atau biji bunga matahari akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Jadi Jika anda ingin memakan gorengan, pilihlah makanan yang dimasak dengan minyak yang lebih sehat.

4. Membatasi Konsumsi Gula
Membatasi Konsumsi gula juga dapat dilakukan untuk meningkatkan gaya hidup sehat. konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan risiko obesitas, diabete dan juga jantung. Rasa gula yang manis memang bisa lebih menarik di lidah, entah itu konsumsi teh dengan gula, sirup atau kue. Namun, selain menimbulkan resiko penyakit yang telah disebutkan di atas, konsumsi gula berlebih juga menyebabkan kulit cepat keriput. Molekul berbahaya yang terkandung dalam gula putih dapat merusak kolagen, komponen penting yang menjaga kulit tetap muda dan kenyal.

5. Meditasi
Meditasi dapat mengurangi tekanan darah tinggi hingga gejala stres dan depresi. Dalam sebuah studi terungkap, meditasi secara rutin selama delapan minggu, membuat seseorang akan mejadi lebih penyayang dan merasa bahagia. Fokus pada latihan pernapasan dan kesadaran diri akan melatih area otak yang mengatur emosi. Sehingga Anda akan lebih banyak memiliki pikiran dan emosi positif. (wlpop)

Bagikan artikel ini

Pasang Iklan Gratis