Cara Membuat Gorengan Renyah dan Tahan Lama - INFOBDL.COM

Cara Membuat Gorengan Renyah dan Tahan Lama

INFOBDL.COM kali ini akan memberikan tips Cara Membuat Gorengan Renyah dan Tahan Lama di segmen aneka resep kuliner. Gorengan memang banyak di minati hampir semua lapisan masyarakat indonesia, selain karena rasanya yang enak, gorengan juga harganya cukup murah dan mudah didapat. Namun bagaimana cara membuat gorengan yang enak dan tetap renyah dan tahan lama? simak tipsnya berikut ini.

Cara Membuat Gorengan Renyah dan Tahan Lama

Agar gorengan renyah dan bisa tahan lama, biasanya gorengan diberi sedikit campuran kapur sirih atau soda kue. bahan tersebut dapat membuat gorengan menjadi lebih renyah. Namun untuk membuat gorengan yang benar-benar enak, renyah saja tidak cukup. Gorengan harus dibuat atau diolah dengan bahan dan cara yang tepat. Seperti pemilihan bahan, jenis wajan, suhu minyak hingga waktu menggoreng. berikut ini adalah cara membuat gorengan yang benar, dijamin gorengan kriuk enak dan tahan lebih lama.

1. Siapkan alat dan bahan
Saat menggoreng, butuh ketepatan waktu agar tingkat kematangannya pas, dan gorengan yang sudah matang harus cepat diangkat. Agar tak menghabiskan waktu, siapkan saringan dan juga wadah beralaskan kertas atau tisu untuk meniriskan. Juga potong atau iris bahan-bahan yang akan digoreng.

2. Jenis penggorengan
Untuk hasil pemasakan yang ideal, alat deep fryer elektrik bisa jadi solusinya. Namun untuk penggunaan rumahan, bisa digunakan panci berukuran sedang. Panci dipilih karena permukaannya yang datar dan membuat panasnya lebih merata, dibanding wajan dengan permukaan melengkung.

3. Penggunaan minyak
Ukuran dan tinggi panci menjadi acuan untuk menakar minyak. Umumnya, minyak yang digunakan sekitar setengah dari tinggi panci. Jangan lebih dari setengah, karena biasanya minyak akan naik sekitar 5 cm karena diisi oleh makanan yang digoreng.

4. Suhu minyak
Sebelum makanan dimasukkan ke dalam minyak, pastikan jika minyaknya sudah benar-benar panas. Suhu minyaknya yang paling ideal 170 C.

5. Tahap penggorengan
Untuk menggoreng, usahakan untuk terus mengamati makanan yang digoreng. Saat permukaannya sudah mulai kuning keemasan, warna gorengan akan cepat berubah menjadi kecokelatan. Tiriskan segera agar tidak menjadi gosong.

6. Jumlah bahan yang digoreng
Usahakan untuk tidak menggoreng dalam jumlah terlalu banyak. Gorenglah secara bertahap. Usahakan masih ada ruang untuk makanan yang digoreng di dalam wajan agar bisa matang sempurna dalam waktu sama. tak berlebihan, Untuk tahap penggorengan kedua, jangan langsung dimasukkan adonannya. beri jeda waktu sebelum memasukkan adonan agar suhu minyak kembali naik atau panas.

Bagikan artikel ini

Pasang Iklan Gratis