11 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi - INFOBDL.COM

11 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

INFOBDL.COM - 11 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi. Provinsi Lampung yang memendam berbagai pesona wisata yang memukau kini mulai banyak dikenal oleh masyarakat, baik Indonesia maupun Mancanegara. berbagai perbaikan fasilitas seperti sarana transportasi dan akomodasi terus dilakukan pemerintah daerah Lampung untuk terus meningkatkan minat wisata di Lampung.

11 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

Bagi anda yang hobby melakukan traveling atau sekedar berwisata guna melepas penat bersama seluruh anggota keluarga, berikut ini adalah 10 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi. semoga informasi yang kami sajikan berikut ini dapat bermanfaat bagi Anda.

1. Pantai Pasir Putih

Objek wisata Pantai Pasir Terletak sekitar 20 KM dari kota Bandar Lampung. Letaknya yang dekat dengan Kota bandar lampung menjadikan Pantai Pasir Putih sebagai salah satu tempat wisata di Lampung yang paling favorit. Untuk menikmati pantai pasir putih yang penuh pesona ini anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja dari pusat kota. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir yang bewarna putih, tidak hanya itu pantai pasir putih juga dilengkapi dengan berbagai wahana yang seru dinikmati bersama orang-orang terdekat. Tempatnya yang strategis dan pesonanya yang memukau membuat objek wisata ini selalu dipenuhi wisatawan disetiap akhir pekan.

2. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas sebagai cagar alam yang tertua di Indonesia, merupakan taman nasional yang berfokus pada pelatihan dan pelindungan gajah. Hal inilah yang membuat way kambas menjadi icon sekaligus kebanggan masyarakat Lampung. Selain gajah, Taman Nasional Way Kambas juga melindungi beberapa hewan yang hampir punah lainnya seperti harimau Sumatera dan badak Sumatera. Selain sebagai cagar alam, di Taman Nasional Way Kambas, Anda juga dapat melihat berbagai pertunjukan gajah, seperti sepak bola gajah, menaiki gajah, dan lain-lain. Untuk sampai ke Taman Nasional Way Kambas Anda memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bandar Lampung. Untuk dapat masuk ke kawasan ini, Anda memerlukan izin dari petugas di gerbang masuk Taman Nasional Way Kambas.

3. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan merupakan salah satu destinasi wisata paling diminati di provinsi lampung. Selain terkenal dengan keindahan pantainya Teluk Kiluan menawarkan pengalaman yang tidak akan terlupakan dengan melihat lumba-lumba langsung di habitatnya. Tentu saja sensasi melihat lumba-lumba di habitat aslinya sangatlah berbeda dengan pada saat Anda melihat lumba-lumba dipenangkaran atau wisata lainnya seperti sea world di ancol. Agar dapat melihat lumba-lumba dengan leluasa sebaiknya anda berkunjung pada bulan April hingga September di mana sedang musim kemarau. Ada baiknya juga, sebelum berangkat bertanyalah dahulu pada pengelola homestay mengenai cuaca dan keberadaan lumba-lumba, karena kemunculan lumba-lumba secara alami di Teluk Kiluan sangat dipengaruhi oleh cuaca.

4. Menara Siger

Menara Siger adalah sebuah bangunan yang bentuknya menyerupai mahkota ikon provinsi Lampung. Menara siger berdiri megah di atas sebuah bukit. Selain sebagai penanda titik nol jalan lintas Sumatera, menara siger juga merupakan pusat sarana informasi mengenai peta wisata seluruh kabupaten/kota se-Lampung. Untuk dapat memasuki kawasan Menara Siger, Anda harus membayar tiket masuk dan biaya parkir yang tidak mahal. Menara Siger adalah bangunan kebanggan masyarakat provinsi Lampung karena mempunyai arsitektur tradisional khas Lampung.

5. Pulau Kubur

Walaupun namanya Pulau Kubur, namun pulau tersebut tidak seseram namanya. Pada jaman dahulu pulau kubur sering digunakan untuk kegiatan penaburan abu jenazah sehingga warga setempat menamainya dengan nama pulau kubur. Terlepas dari namanya yang seram, Pulau kubur sebenarnya merupakan surganya para pecinta olahraga memancing. Ikan di sekitar Pulau Kubur sangat banyak dan beragam karena ada banyak karang besar yang merupakan habitat ikan di sekitar Pulau Kubur. Pulau kubur berlokasi di Teluk Lampung, pulau ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu dalam waktu kurang lebih 20 menit. Pulau Kubur relatif sepi pada hari-hari biasa, namun pada hari libur dapat terlihat cukup banyak wisatawan yang datang untuk memancing.

6. Gunung Krakatau

Tentu semua orang sudah pernah mendengar Gunung Krakatau. Terletak di Selat Sunda, Gunung Krakatau adalah tempat wisata di Lampung yang menawarkan tidak hanya wisata pegunungan, melainkan juga wisata bahari. Untuk para pecinta photography tentu berkunjung ke gunung krakatau sangat mengasyikan. Banyak pemandangan eksotik dan menarik disana. Gunung krakatau Merupakan obyek wisata Lampung yang telah mendunia, yaitu gunung vulkanik yang masih aktif hingga sekarang. Kini, di lokasi tersebut dilengkapi dengan paket wisata laut, termasuk paket Krakatau Volcano Trip bagi 10 orang dengan biaya Rp 3,5 juta (all in). Selain itu, ada juga wisata sea island adventure (cruise fishing), sea activity (canoeing, snorkeling, diving, dan fishing), serta land and sport activity (volley, futsal, biking)

7. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu terletak di kabupaten Way Kanan. Meskipun namanya tidak setenar objek wisata lainnya, namun keindahan air terjun ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Namanya yang unik berasal dari bentuk air terjun yang bengkok sehingga terkesan seperti malu-malu. Air Terjun Putri Malu memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter, dengan panorama yang indah dan lingkungan yang sejuk dan asri. Air Terjun Putri Malu banyak dikunjungi oleh para pecinta alam yang hobby menikmati wisata alam seperti panjat tebing, berkemah, dan trekking. tidak hanya itu, di air terjun putri malu anda juga bisa berenang dan berselfie ria.

8. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia adalah alternatif bagus untuk para pecinta selancar yang sudah bosan berselancar di Pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Terletak di sisi barat Lampung, Pantai Tanjung Setia mempunyai salah satu ombak terbaik di dunia, menurut para peselancar yang telah mencoba tantangan selancar di Pantai Tanjung Setia. Lokasinya memang cukup jauh, sektiar 270 KM dari Bandar Lampung, dan membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk mencapainya, namun tidak perlu kuatir, pecinta selancar tidak akan kecewa! Mengingat lokasinya yang lumayan jauh dan terpencil, Pantai Tanjung Setia mempunyai kondisi yang baik dan tidak rusak oleh kegiatan manusia, bagaikan mutiara yang bersembunyi dengan sempurna.

9. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau mulai dibuka pada tahun 2006. Mempunyai lahan seluas kurang lebih 30 hektar, Taman Wisata Lembah Hijau adalah tempat wisata di Lampung yang mempunyai konsep cagar alam, budaya, dan adat. Dari 30 hektar tersebut, 80%nya adalah areal alami dan sisanya adalah bangunan. Mempunyai taman rekreasi, water boom, dan kebun binatang mini, Taman Wisata Lembah Hijau adalah tempat wisata yang cukup lengkap untuk wisata keluarga. Harga tiket masuk Taman Wisata Lembah Hijau adalah 10,000 Rupiah, untuk dapat masuk ke areal water boom, Anda harus membayar tambahan harga tiket sebesar 35,000 Rupiah per orang. Water boom sendiri adalah wahana paling favorit di Taman Wisata Lembah Hijau.

10. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo terletak di Desa Pugung Raharjo. Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah kompleks peninggalan kebudayaan masa lalu. Berlokasi sekitar 52 KM dari kota Bandar Lampung, Taman Purbakala Pugung Raharjo mempunyai koleksi peninggalan purbakala berupa kuburan batu, meja batu, altar batu, batu mayat, dan lain-lain. Wisata sejarah ini memang kurang begitu diminati oleh anak muda jaman sekarang, namun tidak ada salahnya mencoba jenis wisata ini supaya tidak bosan.

11. Pulau Pahawang

Pulau pahawang memiliki obyek taman laut yang indah dan sangat memukau pengunjung baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Kawasan ini berada di kecamatan Punduh Pidada kabupaten pesawaran. Pulau yang memiliki luas sekitar 1.084 hektar ini terbagi menjadi 2 pulau, yaitu pulau pahawang besar dan pulau pahawang kecil. Untuk mengunjungi pulau pahawang hanya menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Bandar Lampung menuju dermaga penyeberangan Ketapang untuk naik perahu menuju pulau pahawang besar. Pulau ini tersedia penginapan yang cukup terjangkau sebagai tempat bermalam sebelum keesokan paginya menyelam. Jika anda pernah ke Bali maupun Senggigi dan Gili Trawangan, maka keindahan pulau Pahawang ini mirip dengan tempat-tempat tersebut.

Bagikan artikel ini

Pasang Iklan Gratis