Sindikat Sisa Semalam: Menyuarakan Keresahan Terhadap Menurunnya Popularitas Bahasa Lampung di Kalangan Anak Muda Melalui Musik

Bahasa Lampung, dengan kekayaan budaya dan warisan yang mendalam, membutuhkan sentuhan kreatif untuk memastikan kelestariannya di tengah arus modernisasi yang terus berlanjut. “Temegei di Tanah Sayan” bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara tradisi dan modernitas dengan menggunakan kekuatan musik sebagai alat untuk membuat bahasa Lampung lebih mudah diakses dan menarik bagi generasi muda saat ini.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Sindikat Sisa Semalam, at Demajors Lampung, Swaramas Soundsystem, Swarna Creative, Doakan Sejahtera by Lampung Konser, dengan melibatkan banyak ekosistem musik dan insan kreatif di Lampung, diantaranya Kata Semesta Printing, Wize Network, Waleu, Vill Garden didukung penuh oleh Dinas Pariwisata Provinsi Lampung dan para sponsor juga media partner yang bertujuan untuk memberikan sorotan terhadap kekayaan bahasa dan budaya Lampung yang semakin tergerus dalam dinamika perkembangan zaman. Dengan menyajikan karya-karya musik yang merangkul bahasa Lampung, acara ini berusaha untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya mempertahankan dan mempromosikan bahasa daerah.

Acara ini tidak hanya akan menampilkan musik yang memukau, tetapi juga akan menyajikan lirik-lirik yang merayakan keindahan bahasa Lampung. Melalui kombinasi ini, kami berharap dapat menarik minat dan perhatian generasi muda, serta menginspirasi mereka untuk lebih memahami dan mencintai bahasa dan budaya Lampung.

Tak hanya itu, sebagai wujud apresiasi, Sindikat Sisa Semalam bersama Sitesa Pro berhasil membantu untuk mendaftarkan karya lagu dari almarhum Syaiful Anwar (seniman/Musisi Lampung) memalui ahli warisnya (istrinya: red) menjadi aset digital sehinggan diharapkan dapat memberikan mereka banyak keuntungan terutama dari segi finansial atau royalti kepada penciptanya.

Acara ini akan menampilkan Sindikat Sisa Semalam yang akan menyajikan karya-karya mereka dalam bahasa Lampung, Selain itu, akan menampilkan Orkes Bada Isya dan juga Memore. Mari bergabung bersama kami dalam perayaan ini pada 03 Maret 2024 di Vill Garden, Bandar Lampung di mana kita akan merayakan keberagaman bahasa dan keindahan musik dalam semangat kebersamaan dan apresiasi budaya.

Tentang Sindikat Sisa Semalam

Sindikat Sisa Semalam, sebuah project music dari Kew (FourTwnty, Beage) sebagai keyboards, synth, guitar, music programmer, Jonko (My Pants Getting Wet, The Syalala) sebagai vokalis dan Rahman Utara (Udara) vocal, ukulele  yang memainkan genre cross culture yang memadukan lirik berbahasa Lampung dibalut dengan musikpop bernuansa hip hop lo-fi.

Pada awal proses kreatif, kolaborasi musik bernafas kultural ini merilis beberapa lagu cover version berbahasa daerah Lampung milik seniman lokal, hinga akhirnya mengeluarkan single ditahun 2023 dengan judul “Hikayat Bujang” dan sudah bisa dinikmati disemua kanal digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *